Mohon tunggu...
Firman Rahman
Firman Rahman Mohon Tunggu... Lainnya - Blogger

Pernah menjadi bankir | Tertarik pada finance, digital marketing dan investasi |

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

KAI Commuter, Pilihan Moda Transportasi Terbaik Kini dan Masa Akan Datang

4 September 2023   20:43 Diperbarui: 4 September 2023   20:57 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sejumlah penumpang menunggu kedatangan KRL Commuter Line (Foto: ANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH dalam Kompas.com)

Commuter... Nama moda transportasi ini sangat sering kita dengar, entah dari media atau karena pengalaman pribadi sudah pernah menikmati sarana transportasi yang dikelola oleh PT. KAI ini.

Banyak pertanyaan terkait moda transportasi yang dikelola PT KAI ini. Sebenarnya apa sih KAI Commuter ini?

KAI Commuter (PT. Kereta Commuter Indonesia) adalah bagian dari gugus tugas atau divisi tersendiri yang diberikan tugas oleh PT. KAI (Kereta Api Indonesia) untuk mengoperasikan kereta api lokal di Daerah Operasi (Daop), dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan.

Commuter Alaku, Pilihan Transportasi yang Murah, Cepat, Aman dan Nyaman

Berbicara tentang pengalaman dalam melayani para pelanggan, tentu saja KAI Commuter sudah sangat berpengalaman dalam mengelola layanan KRL Commuter Line, bahkan di Jabodetabek sebelum pandemi Covid-19 lalu sudah melayani hingga 1 juta pelanggan per hari dengan dioperasionalkannya Kereta Api Lokal Merak Jaya relasi Rangkasbitung-Merak PP.

Menurut Didek Hartantyo, Direktur KAI, "Standar layanan dari KAI Commuter sudah terbukti bisa meningkatkan jumlah pelanggan dari waktu ke waktu, dan juga indeks kepuasan pelanggan trennya semakin membaik.

Selain Jabodetabek, para pelanggan dan pecinta commuter bisa menikmati layanan kereta api lokal yang ditugaskan oleh PT KAI, di wilayah selain di Jabodetabeek, yaitu di wilayah Daop 6 Yogyakarta, yaitu dengan dioperasikannya Kereta Prambanan Ekspres yang melayani Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan PP (Pulang Pergi).

Penumpang KRL Commuter line duduk di dalam kereta (Foto: ANTARA FOTO/Paramayuda dalam Kompas.com)
Penumpang KRL Commuter line duduk di dalam kereta (Foto: ANTARA FOTO/Paramayuda dalam Kompas.com)

Untuk kenyamanan terdapat aturan yang membolehkan para penumpang membawa barang bawaan dengan dimensi ukuran 100 cm x 40 cm x 30 cm, dan untuk menjaga kenyamanan para penupang lainnya, para penumpang sengaja tidak diperkenankan makan dan minum di dalam kereta.

Selain itu untuk mendukung kenyamanan dan timbulnya rasa aman dalam "KAI Commuter" para pelanggan dan juga penumpang commuter telah dilayani petugas beserta petugas pengawalan kereta (Walka) dan Passenger Service.

Walka ini bertugas untuk menjaga ketertiban dan keamanan di dalam kereta selama perjalanan, dan Passenger Service bertugas untuk memberikan layanan informasi dan kebutuhan lainnya dari pelanggan Commuter ini.

Dengan Hadirnya Commuter Bisa Memberikan Kontribusi Positif Bagi Masyarakat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun