Mohon tunggu...
A.N Firdaus
A.N Firdaus Mohon Tunggu... Universitas Islam Sultang Agung Semarang

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Praktik-praktik MSDM Kinerja di Dalam Organisasi Perusahaan

25 Januari 2021   11:00 Diperbarui: 25 Januari 2021   11:26 108 0 0 Mohon Tunggu...

Sumber daya manusia memegang peranan yang penting dalam suatu organisasi. Setiap organisasi  membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten dalam menggerakkan roda operasional perusahaan. Perusahaan harus mampu memilih sumber daya manusia yangdapat berperan aktif secara efektif dan efisien. 

Untuk mampu memilih Sumber Daya yang berkualitas dan sesuai kualifikasi perusahaan diperlukan adanya pengelolaan manajemen sumber daya manusia. Setiap aktifitas  Sumber Daya membutuhkan pemikiran dan pemahaman tentang apa yang akan berhasil dengan baik dan apa yang tidak. Dalam sebuah lingkungan dimana tantangan angkatan kerja terus berubah dan hukum berubah dan kebutuhan-kebutuhan dari pemberi kerja juga berubah, maka Sumber Daya harus terus berubah dan berkembang.

praktek MSDM  perlu mendapatkan perhatian secara khusus agar dapat berjalan dan berfungsi secara efektif. Untuk dapat menciptakan kebijakan dan praktek yang efektif tentu perlu adanya suatu pemahaman tentang kebijakan dan praktek MSDM.

Praktik Manajemen SDM merupakan suatu proses penerapan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, penggerakan, dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja untuk mencapai tujuan organisasi.

*Pentingnya pengelolaan MSDM dalam Organisasi*
Manusia merupakan sumber daya yang penting dalam organisasi sekaligus juga sebagai tiang penyangga dalam organisasi, seperti dikemukakan Martin Yates[1] “The most valuable capital is human capital; the most powerful technology is people”. SDM merupakan asset kritis organisasi yang tidak hanya diikutsertakan dalam filosofi perusahaan tetapi juga dalam proses perencanaan strategis.
perusahaan-perusahaan sangat bersemangat untuk mengembangkan sistem pengelolaan SDM atau mengadopsi praktik-praktik manajemen SDM terbaik yang ada di dunia.

*Praktik-Praktik MSDM

perusahaan-perusahaan sangat bersemangat untuk mengembangkan sistem pengelolaan SDM atau mengadopsi praktik-praktik manajemen SDM terbaik yang ada di dunia..

Peffer (1995) menegaskan bahwa suatu keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui pengelolaan sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan secara efektif. Hal ini dapat diperoleh dengan menerapkan praktik-praktik sebagai berikut :

-Keselamatan kerja (employment security). Employment security untuk menghadapi tekanan akan perlunya kehati-hatian dan selektivitas yang tinggi dalam mempekerjakan manusia

-Keselektifan dalam perekrutan (selective in recruiting), merupakan jaminan dalam pekerjaan dan kepercayaan pada sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan untuk meraih keunggulan bersaing.

-Internal carer opportunities, mengacu penggunaan internal labor market untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja perusahaan dibanding tenaga kerja dari eksternal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN