Mohon tunggu...
Firdaus Deni Febriansyah
Firdaus Deni Febriansyah Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Writer

Seorang freelance content writer, bloger, dan kontributor di beberapa media

Selanjutnya

Tutup

Money

Seharusnya Indomaret dan Alfamart Nggak Saling Berdekatan

6 Januari 2021   21:55 Diperbarui: 6 Januari 2021   22:27 1441
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar via Tribunnews.com

Indomaret dan Alfamart merupakan dua minimarket terbesar di Indonesia. Indomaret dengan nama PT Indomarco Prismatama ini merupakan bagian dari anak perusahaan Salim Group, sedangkan Alfamart dengan nama perusahaan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk ini kini mayoritas sahamnya dipegang oleh PT Sigmantara Alfindo

Sudah bukan rahasia lagi jika keduanya, baik Alfamart maupun Indomaret saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan. Keduanya gencar melakukan promo besar-besaran agar kita tertarik berbelanja di minimarket tersebut.

Sangking ketatnya persaingan, membuat keduanya tidak segan mendirikan toko yang saling bersebelahan. Dimana-mana, di mana ada Alfamart, disitulah ada Indomaret juga. Kalau nggak bersebelahan, ya saling berseberangan. Kalaupun agak jauh, paling nggak sampe 100 meter.

Ya bagi mereka mungkin nggak masalah bersaing seperti itu. Yang terpenting, mereka bisa dapat cuan dan menyebar lebih banyak gerai di seluruh pelosok Nusantara.

Sebagai konsumen, saya kurang setuju jika Indomaret dan Alfamart saling berdekatan. Bukan tanpa alasan, tapi sebaiknya berjauhan saja karena :

Membuat Saya Lebih Boros

Terkadang, kedekatan Si Alfa dan Si Domar membuat saya menjadi lebih boros. Awalnya sih memang hanya belanja di satu tempat saja, tapi melihat gerai sebelah membuat saya sedikit tergoda untuk membelinya.

Harga memang promo sih, tapi tetap saja pada intinya saya harus keluar uang dua kali untuk membeli sesuatu yang sebenarnya belum tentu diperlukan. Untung aja saya orangnya bisa berhemat sedikit, jadi walaupun beli di dua tempat totalnya nggak terlalu besar.

Lain cerita kalau mama dan kakak saya yang belanja. Liat promo atau diskon sedikit saja, mata langsung melirik dan tertarik untuk membeli.

Membuat Saya Merasa Terganggu

Kadang-kadang, baik di Indomaret maupun Alfamart melakukan promosi offline secara bersamaan. Menimbulkan keramaian karena menarik perhatian banyak orang.

Keramaian dan suara musik inilah yang membuat saya merasa terganggu. Apalagi, lokasi minimarket Domar dan Alfa nggak terlalu jauh dengan tempat tinggal saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun