Mohon tunggu...
Firdauna Nahda
Firdauna Nahda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Jember

Mahasiswi jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UNEJ Meningkatkan Penjualan UMKM Kelurahan Tukangkayu dengan Media Sosial

19 September 2021   14:45 Diperbarui: 19 September 2021   14:46 40 0 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN UNEJ Meningkatkan Penjualan UMKM Kelurahan Tukangkayu dengan Media Sosial
Gambar 1. Kantor Kelurahan Tukangkayu

Kelurahan Tukangkayu adalah salah satu kelurahan dibagian tengah Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Wilayah Kelurahan Tukangkayu memanjang dari sisi utara sampai selatan (batas dengan kelurahan sobo) dan dilintasi banyak jalan raya yaitu Jalan Adi Sucipto, Jalan Ahmad Yani, Jalan dr.Soetomo, Jalan Haryono dan beberapa jalan lainnya. 

Hampir disepanjang jalan yang ada di Kelurahan Tukangkayu terdapat lapak dan warung kaki lima, contohnya seperti di sepanjang Jalan Kolonel Sugiono (daerah naga bulan), Jalan Brigjen Katamso, dan Jalan Kepiting. 

Di sepanjang Jalan Kolonel Sugiono banyak lapak pedagang berjualan makanan ringan dan minuman, sedangkan untuk di jalan Brigjen Katamso dan Jalan Kepiting lebih banyak warung atau rumah makan. 

Saat akan melakukan survey, penulis meminta data UMKM dari ketua RT setempat dan melalui data tersebut penulis memulai survei pada UMKM. Penulis mendapati bahwa banyak UMKM yang pendapatannya menurun karena terdampak pandemi covid 19, salah satunya adalah usaha warung makan milik Ibu Widya. Warung makan milik Ibu Widya ini sudah ada sejak tahun 2018, setiap harinya beliau membuka warung dari jam 2 sore hingga jam 11 malam. Sebelum adanya pandemi Covid 19, dagangan Ibu Widya sudah habis bahkan sebelum jam 8 malam. Tetapi setelah adanya pandemi Covid 19 ini bahkan sampai jam 11 malam pun daganganya belum habis terjual, karena pendapatan yang semakin menurun Ibu Widya sempat berifikir untuk menutup warungnya.

Gambar 2. Ibu Widya (Pemilik Warung makan Mak Wid)
Gambar 2. Ibu Widya (Pemilik Warung makan Mak Wid)

Dimasa pandemi covid 19 ini masyarakat lebih memilih untuk membeli makanan atau minuman melalui sosial media. Kurang maksimalnya pemasaran oleh Ibu Widya membuat usaha beliau kalah dengan warung makan lainnya yang sudah memakai sosial media untuk melakukan pemasaran dagangan atau produknya. Maka dari itu, melalui Kuliah Kerja Nyata Back To Village III Universitas Jember ini penulis berkesempatan untuk membantu meningkatkan penjualan dengan pemasaran memalui sosial media, dimana program kerja penulis selama 30 hari menjalani Kuliah Kerja Nyata ini antara lain : 1) Membantu membuat titik koordinat warung makan agar lebih mudah ditemukan oleh masyarakat dan membuat sosial media instagram agar beliau dapat dengan mudah melakukan pemasaran dan menjangkau lebih banyak pembeli. 2) Mendampingi pembuatan foto produk yang lebih baik, agar lebih banyak menarik minat pembeli. 3) sosialisasi pentingnya pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Harapan dari program kerja yang penulis buat adalah dapat membantu Ibu Widya mendapatkan lebih banyak pelanggan dan meningkatkan pendapatan.

 Kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan tanggal 11 Agustus 2021 hingga 9 September 2021 ini dimulai dengan wawancara dan berdiskusi dengan sasaran mengenai program kerja yang akan dilaksanakan selama Kuliah Kerja Nyata. Selanjutnya dilaksanakan 3 kali sosialisasi kepada sasaran, yang pertama yaitu sosialisasi mengenai pentingnya sosial media dan titik koordinat untuk meningkatkan penjualan, yang kedua yaitu sosialisasi mengenai pentingnya foto produk yang baik untuk meningkatkan minat pembeli pada produk yang djual, dan yang terakhir yaitu mengenai pentingnya pemasaran yang benar untuk meningkatkan pendapatan. 

 Pelaksanaan kegiatan dilakukan langsung di warung sasaran yang bernama Warung Mak Wid dan bertempat di Jalan Kepiting No. 32 Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Didalam kegiatan ini penulis melaksanakan kegiatan bersama Bu Widya sebagai sasaran.

 Kegiatan yang telah dilaksanakan membuahkan hasil. Setelah beberapa minggu sasaran sepi penjualan, namun setelah dilaksanakannya program kerja ini sasaran mulai mendapatkan pembeli kembali. Dengan telah dilaksanakannya program kerja ini, penulis berharap semoga penjualan sasaran semakin meningkat dan pandemi Covid-19 cepat berakhir.

Firdauna Nahda / 190810301204 / KKN BTV III / Kelurahan Tukangkayu Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi / Dr. Nita Kuswardhani, S.TP., M.Eng

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan