Mohon tunggu...
Firda Sardilah
Firda Sardilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Mahasiswi USNI Jurnalistik Baru 180900037

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Keefektifan dan Ketidakefektifan dalam Sistem Perkuliahan Online

29 Juni 2021   13:56 Diperbarui: 29 Juni 2021   14:03 31 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Keefektifan dan Ketidakefektifan dalam Sistem Perkuliahan Online
doc.pribadi

Sistem perkuliahan online nampaknya merupakan hal baru bagi semua mahasiswa, banyak mahasiswa yang mengeluhkan sistem perkuliahan online ini, karena berbagai hambatan yang mereka alami. Mulai dari kesulitan dalam mengakses perkuliahan karena buruknya koneksi jaringan, sehingga hal tersebut menyebabkan para mahasiswa ketinggalan materi perkuliahan. Hal ini berdampak pada kurangnya pemahaman mengenai materi perkuliahan tersebut. Ditambahkan lagi sebagian Dosen hanya memberikan materi tanpa menjelaskan isi materi tersebut. Dan juga banyak deadline tugas yang harus segera dikerjakan dalam sistem perkuliahan online.

"Menurut aku sih ada banyak kesuliatan sih yah yang pertama terkadang dosen tuh jarang menerangkan materi yang diberikan jadi kita sebagai mahasiswa hanya dibagikan materi dan memahami sendiri apa isi dari materi tersebut. Yang kedua koneksi internet yang terkadang saat kuliah online lemot banget jadi harus nyari sinyal dulu kalau mau unduh materi. Yang ketiga tugas yang dikasih dosen untuk mahasiswa tuh banyak banget sampai pusing saya kalau disuruh mengerjakan semua tugas yang berbeda mata kuliahnya". Ujar Marsandah Mahasiswa Senin (28/06)

Di sisi lain ada juga mahasiswa yang menanggapi bahwa sistem perkuliahan ini memiliki sensasi tersendiri bagi mereka, dan merupakan pengalaman baru yang luar biasa. Karena dari sinilah kita belajar lebih ekstra dan terbiasa untuk membaca serta mendengarkan pendapat orang lain dalam menyampaikan materi perkuliahan. Selain itu, kuliah online ini terbilang santai sehingga mereka bisa sambil melakukan aktifitas lain saat perkuliahan sedang berlangsung.

Menurut aku sih lebih enak dan nyaman kuliah online karena lebih nyantai dibandingkan kuliah offline, karena kalau kuliah offline kan kita harus selalu datang dan absen tepat waktu dan juga kuliah online jadi membuat pengalaman baru karena dengan kuliah onlie jadi membuat kita lebih ekstra dalam belajar dan memahami materi yang diberikan dosen.  Dan juga dengan kuliah online di tengah pandemic covid-19 saat ini juga sangat dianjurkan oleh pemerintah agar penyebaran virus covid-19 tidak semakin bertambah. Ujar Muza Mahasiswa Senin (28/06)

Harapan Marsandah perihal kuliah online "Semoga kedepannya saat ada tugas deadline pengumpulannya jangan terlalu cepat setidaknya dikasih jeda 1 minggu jadi gak sehari atau tiga hari langsung disuruh mengumpulkan. Dan juga semoga kedepannya dosen menjelaskan materi yang diberikan secara tatap muka dengan virtual walaupun tidak setiap saat setidaknya dalam satu bulan ada 2/3 kali pertemuan yang dilakukan secara tatap muka". Ucap Marsandah

Harapan Muza jika suatu saat nanti Pemerintah menganjurkan kuliah secara tatap muka "Menurut aku sih kalau pun misalnya ada kuliah tatap muka lagi lebih baik saat virus corna benar-benar sudah hilang dan ditemukan obat yang bener-bener manjur buat melawan virus tersebut. Karena masih ngeri banget kalau harus kuliah tetapi virus tersebut masih ada". Ujar Muza

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan