Mohon tunggu...
Firda Fauziah
Firda Fauziah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Mercu Buana

Nama: Firda Fauziah. Dosen Pengampu: Prof. Dr, Apollo, M.Si.Ak NIM: 43221010021 Mahasiswa Universitas Mercu Buana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sadulur Papat Lima Pancer Pada Kearifan Lokal Jawa

26 Oktober 2022   16:38 Diperbarui: 26 Oktober 2022   16:42 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.gramedia.com/literasi/kearifan-lokal/

https://www.gramedia.com/literasi/kearifan-lokal/
https://www.gramedia.com/literasi/kearifan-lokal/

Nama: Firda Fauziah

NIM:43221010021

Dosen Pengampu: Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

Pendidikan Anti Korupsi dan Etik UMB

Kearifan lokal

Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan dan pesona yang selalu menjadi menarik untuk orang-orang nikmati, amati dan dihayati. Indonesia memiliki potensi budaya yang beragam. Hampir semua masyarakat daerah masing-masing memiliki punya kebudayaan. Selain itu tujuan dan makna yang berbeda-beda dengan kearifan lokal lainnya. Masyarakat Indonesia tidak akan terlepas dari kebudayaanya,apalagi diIndonesia dengan kearifan lokal yang kental sejak dulu. Sangat lekat kearifan lokal sendiri dengan masyarakat dengan secara turun-menurun. Kearifan lokal memiliki keunikan dan tradisi yang menjadi ciri khasnya. Kearifan lokal mampu bertahan jika kita Bersama-sama mendukung, membenahi dengan baik dan akan menjadi sesuatu yang menarik jika terus menerus menggalinya. Kearifan lokal telah berusaha diciptakan oleh nenek moyang kita yang bertujuan untuk kita bisa memaknai perjalanan kehidupan yang sesuai agar tidak salah dan tidak mengganggu kehidupan manusia. Maka dari itu kita perlu melestarikan nilai-nilai kearifan lokal untuk kesejahteraan hidup di muka bumi ini.

Pengertian kearifan lokal

Terdiri 2 kata dari kearifan lokal yaitu kearifan (wisdom) dan lokal (lokal). Local wisdom merupakan bentuk pemahaman,keyakinan dan wawasan makna adat Istiadat dalam kehidupan sehari-hari yang menjadi kebiasaan dimasyarakat. Lokal wisdom bisa untuk pembentukan nilai sebuah karakter. Kearifan lokal atau wisdom local bisa diartikan sebagai pandangan atau gagasan yang diikuti anggota masyarakat dan tertanam pada kehidupan. Kearifan lokal adalah nilai budaya di kehidupan masyarakat untuk mengelola dan menjaga lingkungan agar tetap lestari di lingkungan hidup, yang bisa dimanfaatkan secara arif dan bijaksana oleh masyarakat.  Kearifan lokal berhubungan secara jelas dan langsung dengan budaya tertentu dalam mencerminkan cara hidup pada masyarakat tertentu. Secara umum, kearifan lokal adalah hasil proses penyesuaian secara turun-menurun pada periode waktu yang sangat lama terhadap lingkungan alam tempat mereka tinggal, yang menjadi pandangan hidup oleh masyarakat lokal. kearifan lokal disebut dengan keberadaan suatu kelompok masyarakat sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan.

Kenapa kearifan lokal harus dipertahankan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun