Mohon tunggu...
fira tsania
fira tsania Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

saya sangat menyukai hal baru

Selanjutnya

Tutup

Sosok

Perjuangan Penulis Berkuliah di Prodi Keperawatan

2 November 2023   12:00 Diperbarui: 2 November 2023   12:52 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosok Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

              Pada bulan Februari yang lalu, inilah bulan yang saya tunggu-tunggu, dan ada apa pada bulan februari ini?

ya, pastinya untuk siswa kelas 12 yang teringin mendaftar kuliah di bidang kesehatan pasti banyak sekali yang mendaftar di Poltekkes ( Politeknik Kesehatan Kemenkes) manapun, termasuk saya salah satunya dari sekian ribu orang, saya sangat senang sekali ketika bulan februari ini tiba karena saya sangat bersemangat untuk mendaftar kuliah di poltekkes dan memang inilah pilihan saya harapan saya sejak saya awal masuk SMA dan saya masih ingat sekali harapan saya di kelas 10 waktu itu, saya mempunyai motivasi dan planning apa saja yang harus saya lakukan di kehidupan selanjutnya kehidupan masa kuliah nanti, padahal saat itu saya masih duduk di semester awal kelas 10 tapi saya sudah memikirkan selanjutnya saya harus lanjut kemana dan dimana hingga pada suatu saat hati saya tergerak dan dengan yakin sepenuh hati jika menjadi seorang perawat tidak ada salahnya, bahkan profesi perawatpun sangat banyak sekali peluang kerjanya.

Sejak saat itu saya memutuskan untuk belajar dengan sungguh-sungguh untuk mendaftar ke Poltekkes Surabaya pada jurusan Keperawatan hingga pada saatnya pendaftaran dibuka saya langsung mendaftar melalui jalur raport/PMDP (penelusuran minat dan prestasi) disitu tertera 3 pilihan jurusan dan saya sempat bingung akan mengambil jurusan apa saja lalu saya mendiskusikan hal tersebut dengan wali kelas saya, saran dari wali kelas saya saat itu adalah "lebih baik memilih pada jenjang D3 saja karena peluang keterimanya sangat besar dibandingkan dengan D4 begitupun dengan jumlah kuota pada D3 itu sangatlah banyak" tuturnya. setelah saya mendengar saran dari wali kelas saya, saya pun mengikuti arahan dari beliau lalu saya memilih pada 3 program studi yaitu:

1. D3 Keperawatan Soetomo

2. D3 Keperawatan sidoarjo

3. D3 Kebidanan Magetan 

nah, disini begitu besar harapan saya untuk diterima usaha dan doa tak henti-hentinya saya lakukan pada saat itu sampai akhirnya pengumuman pada bulan maret itu ternyata saya gagal dan tidak diterima pada jalur ini. saya sempat sedih dan menangis seharian seakan tidak ada harapan lagi saking kepengennya saya bisa kuliah keperawatan hingga menjadi perawat kelak, saya kecewa pada hari itu dimana saya gagal dan tidak karuan rasanya akan tetapi, orang tua saya tetap memberi semangat dan motivasi kepada saya hingga saya memutuskan untuk lebih giat belajar lagi. 

Setelah terlepas dari rasa kecewa dan gagal kemarin, tidak menumbangkan semangat saya agar dapat kuliah di keperawatan dan menjadi seorang perawat, saya belajar dengan sungguh-sungguh untuk mengikuti tes selanjutnya, yaitu tes SIMAMA Poltekkes ( Seleksi Masuk Bersama) lalu saya mencoba untuk daftar kembali dan mengatur strategi, jika kemarin saya memilih D3 yang banyak sekali peluang masuknya akan tetapi pada akhirnya saya gagal berarti sekarang saya harus mencoba ke D4 yang banyak diterima kemarin kan? jadi saya memutuskan mendaftar pada jenjang D4 tapi saya juga mendaftar ke Poltekkes malang sebagai cadangan sampai saya memutuskan untuk memilih 3 prodi lagi yaitu:

1. Sarjana Terapan Keperawatan ( Poltekkes Surabaya )

2. Sarjana Terapan Kebidanan ( Poltekkes Surabaya )

3. Sarjana Terapan Keperawatan ( Poltekkes Malang ) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosok Selengkapnya
Lihat Sosok Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun