Mohon tunggu...
Hobi Artikel Utama

Menulis Ekspresif Ternyata Bisa Melepas Stres

28 Desember 2018   14:13 Diperbarui: 29 Desember 2018   18:26 943 18 4 Mohon Tunggu...
Menulis Ekspresif Ternyata Bisa Melepas Stres
https://stock.adobe.com

Apa itu Menulis Ekspresif

Menulis Ekspresif adalah kegiatan menuliskan isi pikiran dan perasaan kita yang paling dalam secara pribadi dan emosional tanpa memperhatikan bentuk penulisan seperti ejaan, tata bahasa dan aturan menulis lainnya.

Hubungan antara menulis ekspresif dan kesehatan ditemukan oleh Dr. James Pennebaker, guru besar psikologi University of Texas, Austin.

Penelitian pertama kali dilakukan pada akhir 1980-an, Pennebaker telah melakukan penelitian tentang kegiatan menulis selama bertahun-tahun.

Mengutip dari bukunya berjudul Writing To Heal, James Pennebaker mengatakan, “Orang yang terlibat dalam laporan menulis ekspresif merasa lebih bahagia dan berkurang dampak negatif daripada sebelum menulis.”

Selain itu, orang-orang yang memiliki gejala depresi, kecemasan, dan gangguan kesehatan mental lainnya juga berkurang dalam beberapa minggu dan bulan setelah menulis tentang gejolak emosi. 

Cara Menulis Ekspresif

Menulis eskpresif sangatlah mudah dan tidak memerlukan modal banyak atau teknik yang sulit. Hal-hal yang dapat kamu lakukan saat menulis espresif adalah sebagai berikut:

1. Mempersiapkan waktu dan tempat yang bebas dari gangguan
Pastikan pada saat kamu ingin melakukan menulis ekspresif adalah waktu dan tempat dimana kamu merasa nyaman, tenang, dan tidak ada gangguan. Hal tersebut dapat membuat pikiranmu lebih jernih dan fokus terhadap tulisan yang akan kamu tulis.

2. Menulis dengan jujur dan lebih terbuka dari perasaan terdalam
Tulislah semua keluh kesah dan beban yang kamu alami akhir-akhir ini yang menggagu pikiran dan beban hatimu.

3. Menulis selama 20 menit sampai 4 hari berturut-turut
Menurut John F Evans, tulislah minimal 20 menit perhari selama 4 hari berturut-turut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x