Mohon tunggu...
Fina Maula
Fina Maula Mohon Tunggu... -

Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perkembangan Kognitif: Tahap Konkret Operasional (7-11 tahun)

18 Mei 2015   21:08 Diperbarui: 4 April 2017   16:54 19083
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Menurut Piaget, anak pada usia 7 tahun akan memasuki tahap operasional konkret, dimana anak sudah mampu berpikir rasional, seperti penalaran untuk menyelesaikan suatu masalah yang konkret (aktual). Namun, bagaimanapun juga dalam kemampuan berpikir mereka masih terbatas pada situasi nyata.

Pada tahap operasional konkret ini, anak memiliki kemajuan kognitif atau pemahaman yang lebih baik dibandingkan dengan anak pada tahap pra-operasional dalam hal hubungan spasial, kategorisasi, penalaran, dan konversi.

·Hubungan spasial. Pada tahap operasional konkret ini, anak sudah mampu mengingat rute atau penanda jalan dengan baik dan dapat menghitung jarak antara satu tempat ke tempat lain dengan baik juga tanpa mengukur terlebih dahulu.

·Kategorisasi. Suatu kemampuan untuk mengategorisasikan sesuatu sehingga dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan logika anak. Kategorisasi disini meliputi beberapa keahlian yang rumit, seperti rangkaian urutan, pengambilan kesimpulan secara lengkap, dan inklusi kelas (keahlian untuk melihat hubungan antara suatu keseluruhan dengan bagiannya).

·Penalaran. Penalaran disini dapat dikategorikan menjadi 2 kategori, yaitu penalaran induktif dan deduktif. Menurut Piaget, anak pada tahap operasional konkret hanya menggunakan penalaran induktif saja. Yang dimaksud dengan penalaran induktif adalah tipe pemahaman logika yang dimulai dari observasi objek atau peristiwa untuk menyimpulkan keseluruhan dari objek yang telah diobservasi tersebut. Penalaran induktif ini masih bersifat sementara karena masih ada kesempatan untuk munculnya informasi baru yang tidak mendukung kesimpulan tersebut.

·Konservasi. Pada tahap operasional konkret, anak mampu menyimpulkan sesuatu tanpa melihat, mengukur ataupun menimbang objeknya secara langsung.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun