Mohon tunggu...
catatan keri
catatan keri Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

"Belajar itu proses mengulang sampai paham, bukan hapal" #keriquote

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Galau Prakuliah

19 Juni 2014   13:45 Diperbarui: 20 Juni 2015   03:09 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Kalo misal ada orang ngedatangin kamu terus dia nanya,

“Menurut kamu kuliah tuh gimana???”

Aku berharap kamu gk ngejawab kalo kuliah tuh indah, enak (emang bisa dimakan?), banyak terjadi cinkul (cinta kuliah) kayak di FTV gitu. Enggak, kuliah tuh beda banget men! Ketika aku Tanya ke kakak kelas aku, mereka bilang kalo kuliah tuh banyak gk enaknya. Kamu harus siap-siap aja begadang tiap malem, duit bulanan abis buat bayar penggalangan dana acara, gk makan, kurus. Jadi kedengeran serem ya? But, kata mereka dari itu semua. We learn a lot about life.

Nah, karena aku juga pengen belajar banyak tentang kehidupan. So, aku memutuskan untuk kuliah!. Dan aku menyadari kalau ini tuh gk mudah. Ketika seseorang mau kuliah, pasti bakalan ngadepin dua trouble ini.

1. 1 Jurusan

Jurusan, (diulang lagi biar dramatis) menurut aku, ini merupakan trouble pertama dan paling berbahaya buat anak-anak yang mau kuliah. Trouble yang paling ampuh buat banyak orang jadi galau, bahkan bisa merengut nyawa seseorang.

Banyak orang yang milih jurusan gk sesuai ama pationnya, kuliahnya jadi berantakan. Banyak yang milih jurusan sesuai pationnya, tapi bentrok ama kinginan orang tua, dan banyak juga yang bingung, galau mau milih jurusan apa, dan pada akhirnya hanya ikut-ikutan teman. This is truly dangerous!!!

Asal kamu tau aja, jurusan tuh sangat penting untuk menunjang masa depan kamu, mimpi-mimpi kamu, suami atau istri kamu. Dengan kamu memilih jurusan yang sesuai pation kamu, keinginan kamu. Artinya, kamu udah selangkah bahkan seribu langkah lebih siap untuk menghadapi dunia yang kejam ini…

So, pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat and bakat kamu. Dan jangan takut untuk dihina, direndahkan, atau dicaci oleh orang lain. Karena yang kuliah tuh kamu, buakn mereka. Dan satu lagi, kalau jurusan yang kamu pilih gk sesuai dengan pilihan orang tua kamu. Cobalah untuk melobby mereka dengan baik-baik. “Keep Spirit”

2. Tempat kuliah

Yang kedua ini nih, yang biasanya ngebuat dunia perkuliahan tuh kayak ada kasta-kastanya gitu. Kasta pertama, atau kasta tertinggi ditempati oleh anak-anak ITB. Kasta kedua, anak-anak UI. Ketiga, UNPAD. Dan seterusnya…

Gara-gara ini nih, banyak anak-anak SMA yang jadi jaga gengsi, gengsi buat kuliah di tempat atau universitas yang kurang terkenal (karena gk ada universitas yang jelek menurut aku). Ada yang rela milih satra rusia yang penting kuliah di UI. Enggak banget deh.

Sekarang aku Tanya deh, emang yang dibutuhin di kehidupan kamu nanti tuh tempat kuliah kamu? Jelas enggak! Yang dibutuhin tuh SKILL!!!

Saran aku. Udahlah, PD aja walaupun kamu kuliah di universitas yang gk terkenal, atau bahkan di pelosok hutan belantara, PD aja! Karena yang terpenting kamu bisa memperdalam kemampuan kamu…

Okeh! Mungkin dua problem ini aja yang aku bahas, karena bkamum tentu kamu nanti bisa mengatasi dua problem ini. #Pengalaman. Terakhir, aku ngutip quote dari temen aku yang udah keterima di UNDIP. Teknik Kimia

"Terserah kamu mau kuliah dimana. Yang terpenting, kamu bisa menjamin masa depanmu!"

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun