Mohon tunggu...
Fikri Hadi
Fikri Hadi Mohon Tunggu... IG / Twitter: @fikrihadi13

Sekjen Organisasi Sosial Persatuan Al-Ihsan

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Menjelajah Indonesia dalam Dunia Game, Alternatif pada Libur Akhir Tahun 2020

22 Desember 2020   16:26 Diperbarui: 23 Desember 2020   15:48 233 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjelajah Indonesia dalam Dunia Game, Alternatif pada Libur Akhir Tahun 2020
Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Barat dalam game. Sumber: Koleksi Pribadi

Tahun 2020 telah memasuki penghujung akhir tahun. Lazimnya, banyak orang yang akan pulang kampung atau berlibur akhir tahun di luar kota bahkan di luar negeri. Akan tetapi, akibat adanya pandemi COVID-19 yang melanda dunia sepanjang 2020, pergerakan masyarakat menjadi terbatas bahkan terhenti.

Pemerintah Republik Indonesia sendiri menghimbau agar masyarakat tetap di rumah dan tidak keluar apabila tidak ada keperluan mendesak, apalagi untuk berlibur. Hal ini dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia yang mana angka positif semakin melonjak pada beberapa pekan terakhir. 

Bahkan sejumlah moda transportasi dan gerbang masuk beberapa wilayah di Indonesia memberlakukan syarat administratif yang ketat bagi yang ingin masuk wilayah tersebut, seperti membawa sejumlah dokumen kesehatan terbaru sebagaimana yang dipersyaratkan oleh Pemerintah.

Berkaitan dengan himbauan tersebut terdapat sejumlah alternatif, khususnya bagi masyarakat yang sebenarnya ingin berlibur namun terhalang pandemi. Di antaranya adalah melalui virtual traveling atau bahkan melalui sejumlah aplikasi game.

Sebagai contoh bagi anda yang suka melakukan perjalanan jauh. Terdapat game yang bernama Euro Truck Simulator 2 (ETS 2) yang bertemakan perjalanan dengan truk dengan peta Eropa yang diubah oleh sejumlah anak bangsa menjadi semacam simulasi perjalanan dengan bus-bus khas Indonesia dengan peta Indonesia. Berbagai video telah diunggah pada kanal YouTube. 

Contoh konten YouTube dengan judul "JAWA BARAT, INDONESIA DALAM GAME EURO TRUCK SIMULATOR 2 (ETS 2)" menayangkan sejumlah gambar presentasi tentang Jawa Barat dalam game ETS 2. 

Selain itu, juga terdapat beberapa peta pada game ETS 2 yang persis seperti suasana asli di Indonesia. Salah satunya adalah Map Java Road Edition yang dibuat oleh Tanjung Saputra yang mengambil latar jalur pantura lama Semarang - Cirebon. Demikian juga dengan lalu lintasnya yang juga terdapat lalu lintas kendaraan khas Indonesia.

Bila anda suka mengkreasikan imajinasi untuk membangun suatu wilayah, anda dapat mencoba game SimCity 4. Game ini menjadi salah satu game favorit dari Wali Kota Surabaya, yang pada hari ini dipilih Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial, Ibu Tri Rismaharini (Bu Risma). 

Pada kolom pencarian Google ataupun YouTube juga terdapat kreasi anak bangsa dalam game SimCity 4 (walaupun tidak sebanyak di ETS 2). Salah satunya adalah konten YouTube yang berjudul "KOTA SURABAYA - INDONESIA VERSI SIMCITY 4 (INDONESIA DALAM DUNIA GAME - PART I)" yang memberikan perbandingan antara Kota Surabaya dalam dunia nyata dan Kota Surabaya dalam dunia game.

Hal-hal tersebut di atas adalah alternatif bagi masyarakat yang tidak bisa berlibur karena terhalang pandemi. Walaupun virtual traveling, game,  atau bahkan teknologi komunikasi seperti video call tidak dapat sepenuhnya mengobati rasa rindu akan kampung halaman ataupun keinginan untuk berlibur, namun dengan berusaha tetap di rumah, kita turut serta dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Di Hari Ibu 2020, selalu ingat pesan ibu yakni 'Mencuci Tangan', 'Memakai Masker' dan 'Menjaga Jarak' serta yang terakhir adalah tetap di rumah selama masa libur akhir tahun 2020. Semoga di tahun 2021, situasi di Indonesia dapat kembali normal seperti sebelum adanya pandemi COVID-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x