Otomotif Pilihan

Datsun Risers Expedition: Ekspedisi Borneo

4 Februari 2016   06:07 Diperbarui: 4 Februari 2016   06:57 79

Akhirnya pada Bulan Januari 2016 Datsun Risers Expedition pun sampai di Pulau Kalimantan. Acara Datsun Risers Expedition di P. Kalimantan dibagi menjadi tiga etape. Serangkaian etape ini akan diawali di Kota Samarinda dan dijadwalkan akan berakhir Kota Pontianak.

[caption caption="DRE Etape 2 Balikpapan-Banjarmasin"][/caption]

Singkat cerita awal tahun 2016 ini saya mendaftarkan tim saya untuk mengikuti acara Datsun Risers Expedition Kalimantan dan gak nyangka juga bakal bisa kepilih untuk bisa ikut DRE Etape 2 Kalimantan. Tim saya terdiri dari saya sendiri dan dua orang teman saya Dina dan Tari, yang selanjutnya tim saya berubah nama menjadi Risers 1. Tanpa banyak mikir dan persiapan yang hanya beberapa hari, akhirnya kami pun terbang menggunakan maskapai Garuda Indonesia ke Balikpapan dini hari sekitar pukul 05.35 Selasa, 19 Januari 2016.

Pertama kali menginjakkan kaki di P. Kalimantan dan menginjak tempat yang oke banget apalagi kalau bukan Sultan Aji MUhammad Sulaiman Sepinggan Airport. Bandaranya bersih dan warna putihnya bikin bandara yang katanya urutan ke-16 terbaik dunia ini makin keliatan cantik. Sesampainya di bandara langsung ambil bagasi dan ga lupa selfie bareng risers lain. Kebetulan berangkat dari Jakarta bareng tiga tim risers lainnya. Di luar bandara langsung dijemput sama tim Datsun dan langsung pembagian kendaraan, mobil apa yang dipakai gak lain dan gak bukan tentunya Datsun Go+ Panca. Risers 1 kebagian di mobil 1 yaitu Datsun Go+ Panca berwarna hitam, gak lupa ada logo Datsun Risers Expedition di cup depan mobil, pintu depan kiri dan kanan, serta kaca belakang mobil. Selain itu berhias juga Peta Indonesia di sisi samping kiri-kanan belakang mobil. Setelah semua tim masuk mobil, setiap tim diantar ke dealer Nissan Datsun Gunung Malang. Kami belum nyetir sendiri tetapi disetirin oleh pihak Datsun Balikpapan.

[caption caption="Penjemputan"]

[caption caption="Risers 1"]

Dealer Nissan Datsun Gunung Malang ini beralamat di Jl. Mayjend Sutoyo No. 39 A, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Setelah makan siang, dilanjut pembukaan Datsun Risers Expedition Etape 2. Pada pembukaan kepala Dealer Nissan Datsun mengatakan bahwa jalur yang akan ditempuh akan semi offroad, terutama di Kalimantan Timur. Acara DRE ini akan membuktikan bahwa Datsun Go+ Panca dapat menempuh berbagai medan. Selain akan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 500 km, kami juga akan melakukan CSR. Ibu Hana Maharani Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia menyampaikan bahwa rangkaian acara Datsun Risers Expedition ini telah berlangsung selama satu tahun dan nantinya akan finish di Jakarta.

[caption caption="Datsun Risers Expedition Go!"]

[caption caption="Siap Meluncur Kapten"]

Setelah opening dan persiapan awal yang cukup meriah, selanjutnya kami memulai rangkaian perjalanan sekitar pukul 1 siang. Belum jalan jauh, hujan mengguyur kota Balikpapan dan kondisi jalanannya luar biasa. Tanjakkan dan turunan ekstrim ditambah hujan lebat menyapa awal perjalan kami. Kami menuju pelabuhan Karingau untk selanjutnya neik kapal ferry untuk menyberang ke Penajam. Di sini saya berusaha menyesuaikan diri dengan panasnya Kalimantan di atas kapal ferry, karena saya terbiasa tinggal di Bandung lumayan butuh penyesuaian. Untuk membunuh kebosanan kami  foto-foto di atas kapal. Setelah sampai ke Penajam perjalanan pun berlanjut. Pukul setengah 5 sore kami singgah untuk makan malam ke pagian di Rumah Makan Pani.