Mohon tunggu...
Fidya Rizky
Fidya Rizky Mohon Tunggu... Penulis - Bersekolah di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Seorang mahasiswi yang sedang belajar menjadi kritis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Berbagai Jenis Model Pembelajaran Apa Saja? Yuk Disimak!

20 Oktober 2020   14:02 Diperbarui: 20 Oktober 2020   14:09 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Arti belajar menurut KBBI adalah berusaha memperoleh kepandaian ilmu, berlatih, berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman. Menurut Bell-Gredler (2008)  belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka ragam kemampuan (competencies), keterampilan (skills), dan sikap (attitude), yang diperoleh secara bertahap dan berkelanjutan mulai dari masa bayi sampai masa tua melalui rangkaian proses belajar sepanjang hayat. Jadi dapat disimpulkan bahwa belajar adalah proses untuk mendapatkan kemampuan, kepandaian, keterampilan, sikap dan pengalaman melalui rangkaian proses belajar sepanjang hidup.

Untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal kita perlu mengetahui apa saja sih yang dapat kita lakukan untuk belajar dan  bagaimana cara untuk mendapatkan pelajaran tersebut dengan mudah juga apa saja jenis-jenis model pendeketan belajar.

Sebenarnya ada banyak jenis-jenis pendekatan belajar sendiri yaitu :

Pendekatan yang berpusat pada guru.

Maksud dari pendekatan ini adalah jadi Guru itu sebagai seseorang yang memegang kendali selama proses pembelajaran berlangsung baik dalam aspek organisasi, materi atau pun waktu. Guru juga bertindak sebagai narasumber yang mengutarakan pengalamannya sehingga dapat memicu peserta didik untuk berkembang lebih baik lagi.

Pendekatan yang berpusat pada siswa.

Maksud dari pendekatan ini adalah bagaimana cara untuk mendorong peserta didik agar bisa dalam mengerjakan sesuatu pengalaman dan membangun makna atas dari pengalaman apa yang ia dapatkan. Pusat pembelajaran ini diserahkan langsung pada peserta didik dengan Guru sebagai supevisi.

Pendekatan Deduktif.

Jadi pendekatan ini menggunakan logika untuk berpikir dalam bagaimana menyelesaikan suatu masalah dan selanjutnya akan dibuat kesimpulan. Biasanya pendekatan ini digunakan untuk menyelesaikan masalah yang bisa dibilang rumit.

Pendekatan Induktif.

Pendekatan ini dalam diambil dari suatu kesimpulan yang berasal dari beberapa m=pengamatan peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun