Mohon tunggu...
Efwe
Efwe Mohon Tunggu... Administrasi - Officer yang Menulis

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Perkenalkan, Ini Uang Rupiah Kertas Emisi Terbaru

18 Agustus 2022   12:36 Diperbarui: 19 Agustus 2022   00:11 423 30 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bank Indonesia bersama Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan, hari ini, Kamis, 18 Agustus 2022 meluncurkan uang Rupiah Kertas baru Tahun Emisi 2022.

Uang kertas Tahun Emisi 2022 terbaru ini  terdiri atas pecahan uang rupiah, Rp. 100.000, Rp.50.000, Rp. 20.000, Rp. 10.000, Rp. 5.000, Rp. 2.000, dan Rp. 1.000.

Berikut visual uang kertas rupiah baru dengan pecahan tersebut.

Batukita.com
Batukita.com
Batukita.com
Batukita.com
Batukita.com
Batukita.com
Infobandaaceh.com
Infobandaaceh.com
Batukita.com
Batukita.com
Sijori.id
Sijori.id
Batukita.com
Batukita.com
Dengan demikian, artinya seluruh pecahan uang kertas Rupiah yang beredar di Indonesia akan memiliki emisi baru, meskipun seperti diungkapkan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo seperti yang saya kutip dari publikasi BI.go.id , uang emisi baru tersebut tetap mempertahankan ganbar utama pahlawan nasional pada bagian depan.

Sementara di bagian belakang tema kebudayaan Indonesia seperti gambar tarian, alat musik, pemandangan alam, dan keragaman flora Nusantara.

Twitter/@Leonita_Lesrari
Twitter/@Leonita_Lesrari
Hanya saja, dalam uang kertas Rupiah pecahan terbaru Tahun Emisi 2022 ini terdapat 3 aspek inovasi penguatan, yaitu desain warna yang lebih tajam, aspek pengamanan yang lebih handal, dan ketahanan fisik uang yang lebih baik.

Inovasi tersebut, diharapkan dapat membuat uang rupiah lebih mudah dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk djgunakan.

Serta yang lebih penting uang rupiah terbaru ini menjadi lebih sulit untuk dipalsukan. Dengan demikian Uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negeri kita tercinta Indonesia ini.

Apakah dengan adanya emisi uang kertas Rupiah terbaru ini, uang lama yang telah dikeluarkan sebelumnya otomatis tidak berlaku?

Ya tidak lah, seluruh uang kertas atau uang logam Rupiah emisi sebelumnya masih berlaku hingga Bank Indonesia menyatakan tak berlaku lagi seperti yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Mata Uang.

Namun demikian, ada hal penting yang harus diperhatikan oleh masyarakat terkait fisik uang rupiah yakni menjaga dan memperlakukan uang rupiah dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan