Mohon tunggu...
Widiatmoko
Widiatmoko Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis Amatir

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia BWF 2021, Karena Omicron, Oh Really?

8 Desember 2021   11:21 Diperbarui: 8 Desember 2021   11:30 168 22 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kabar kurang menggembirakan datang dari Pengurus Besar Bulutangkis Seluruh Indonesia, setelah mereka menyatakan bahwa Tim Bulutangkis Indonesia menarik diri dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis yang berlangsung di Huelva Spanyol pada 12-19 Desember 2021.

Alasannya menurut PBSI seperti yang dikemukakan lewat akun Twitter resminya @INABadminton, lantaran pandemi covid-19 yang cenderung tak terkendali di Eropa dan munculnya varian baru Omicron sehingga membuat situasi menjadi tidak menentu untuk itulah kemudian PBSI memutuskan untuk tak mau mengambil risiko atas kesehatan dan keselamatan atlet bulutangkis Indonesia.

"Kami tidak mau mengambil resiko. Keselamatan dan kesehatan atlet lebih utama. Para pemain juga sudah kami ajak berdiskusi dan mereka setuju untuk menarik diri dari Kejuaraan Dunia," Ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PBSI, Ronny Maenaky, Rabu (08/12/21).

Sebetulnya desas-desus tentang absennya Indonesia di Kejuaraan Dunia BWF Championship sudah beredar dari pekan lalu, saat media Malaysia The Strait Times melansir isu ini.

Dengan absennya Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia ini artinya duet Kevin Sandjaya dan Markus Gideon harus menunda hasratnya untuk meraih gelar Juara Dunia tahun ini.

Padahal mereka tengah dalam kondisi on fire setelah dalam 5 kejuaraan terakhir keduanya selalu berhasil lolos ke final, dengan 2 kali diantaranya berhasil menjadi jawara.

Terakhir dalam BWF World Tour Final 2021, Kevin/Markus lolos ke final, tetapi sayang kalah dari pasangan Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi: 16-21, 21-13, 17-21.

Selain Kevin/Markus, tercatat ada 12 wakil Indonesia dari pelatnas Cipayung yang seharusnya tampil di BWF World Championship 2021. Mereka ialah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito (tunggal putra), Gregoria Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan (tunggal putri), 

Di ganda putra lain Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Fajar Alfian/Muh. Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin  Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri), Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (ganda campuran).

Mundurnya Indonesia dari BWF World Championship 2021 di Spanyol ini ditanggapi beragam oleh penggemar, masyarakat bulutangkis dunia, bahkan politisi pun mengomentari situasi ini.

Jurnalis bulutangkis ternama asal Denmark Jacob Qvirin lewat akun Twitternya @JacobQvirin menyatakan kekecewaannya terhadap keputusan Indonesia ini, ia menyebutkan bahwa Indonesia tidak menghormati seluruh insan bulutangkis dunia dengan menarik diri dari Kejuaraan Dunia yang akan berlangsung di Palacio de los Deportes Carolina Marin Huelva Spanyol tersebut, padahal mereka sudah menghormati Indonesia untuk datang pada 3 event  Kejuaraan Bulutangkis secara beruntun yang diselenggarakan di Bali selama 3 hingga 4 minggu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bulutangkis Selengkapnya
Lihat Bulutangkis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan