Mohon tunggu...
Fery. W
Fery. W Mohon Tunggu... Analyst

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Seharusnya Pemerintah Tak Perlu Mengeluarkan Larangan Mudik, Andai....

10 Mei 2021   09:14 Diperbarui: 10 Mei 2021   12:35 216 25 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seharusnya Pemerintah Tak Perlu Mengeluarkan Larangan Mudik, Andai....
Tribunnews.com

Bulan suci Ramadan 1442 Hijriah dalam beberapa hari ke depan akan berakhir, umat Islam sejagat kemudian akan merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Seperti tahun-tahun sebelumnya gema takbir akan terdengar bersahutan memenuhi relung-relung langit dan menyusupi sudut-sudut kehidupan.

Senyum bahagia akan terpancar dari wajah sumringah umat muslim,  disertai pakaian indah dengan bau tubuh yang harum mereka akan menyambut hari yang penuh kemenangan ini.

Kemenangan saat melawan hawa nafsu, yang selama bulan Ramadan berhasil mereka kendalikan. Dan mereka dianggap mampu membawa dirinya kembali suci, kembali Fitri.

Artinya, setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan yang penuh keimanan dan senantiasa mengharap ridha Allah, maka setiap muslim dianggap telah kembali kepada kesucian rohani dan jasmaninya.

Sejatinya itulah makna dari Idul Fitri dari sudut pandang spiritual, tetapi makna ini kemudian berasimilasi dengan berbagai budaya yang ada di sekitar kita, salah satunya yang kini dan hampir setiap tahun dilakukan adalah urusan mudik.

Seolah Lebaran menjadi kurang lengkap  jika tak diiringi dengan tradisi mudik yang konon katanya mulai ramai dan secara masif dilakukan di Indonesia pada awal 1970an.

Tradisi mudik di Indonesia ini tak terbatas pada golongan tertentu, mudik dilakukan oleh hampir setiap lapisan masyarakat mulai dari pejabat hingga rakyat jelata, mulai dari pengusaha besar hingga pedagang kaki lima.

Seolah mereka bekerja dan mengumpulkan uang selama setahun hanya untuk bisa melakukan tradisi mudik ini.

Harga tiket pesawat, kapal laut, atau transportasi darat seperti bis dan kereta api yang melangit pada saat mudik tak menyurutkan hasrat untuk melakukannya.

Bahkan saat Pandemi Covid-19 seperti 2 tahun terakhir ini kita alami, hasrat untuk mudik masih tetap menyala seperti halnya masa normal sebelum pandemi terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN