Mohon tunggu...
Fery. W
Fery. W Mohon Tunggu... Analyst

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Paranormal Ki Gendeng Pamungkas Meninggal, Ia Sempat Berniat Jadi Capres 2024

7 Juni 2020   06:15 Diperbarui: 7 Juni 2020   07:50 179 21 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Paranormal Ki Gendeng Pamungkas Meninggal, Ia Sempat Berniat Jadi Capres 2024
Tribunnews.com

Kabar duka datang dari Bogor, Paranormal kondang yang sscara terang-terangan memproklamirkan diri nya dukun santet, Ki Gendheng Pamungkas telah meninggal dunia.

Menurut Direktur Rumah Sakit Mulia Kota Bogor, Eva Erawati, almarhum dinyatakan meninggal karena komplikasi penyakit Diabetes dan jantung.

"Ia sudah dirawat sejak tanggal 3 Juni, dan meninggal sekitar pukul 3 sore." Ujar Eva, Sabtu (06/06/20). Seperti dilansir Kompas.com.

Jenazahnya telah dibawa oleh pihak keluarganya ke rumahnya dikawasan Sawangan Depok sekitar pukul 17.00 WIB. Belum ada keterangan dari pihak keluarga dimana dan kapan almarhum akan dikuburkan.

Paranormal yang dikenal kontroversial ini, mulai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia  sejak jaman Soeharto jadi Presiden.

Ia mendeklarasikan dirinya ssbagai dukun santet dsngan tarif cukup tinggi. Pria yang bernama Asli Imam Santoso ini mengaku pernah menyantet George W. Bush ketika ia datang ke Istana Bogor pada bulan November 2006.

Saat itu pun Ki Gendeng Pamungkas memimpin aksi demonstrasi  di sekitar Tugu Kujang  Kota Bogor bersama ormas yang dipimpinnya Front Pribumi, dalam rangka menolak kedatangan Presiden Amerika Serikat itu.

Aksi kontroversial lain yang dilakukan Ki Gendeng yang kemudian berujung dirinya dibekuk oleh polisi atas tuduhan penyebaran kebencian berdasarkan SARA ialah saat ia menyebaran aksinya lewat media sosial "fight against China"

Dalam video yang disebarkan lewat Youtube tersebut ia berujar kebenciannya pada ras China. Selain iu, ia pun mencetak kaos, stiker, topi dan berbagai atribut lainnya yang intinya menyebutkan bahwa ia "anti China"

Ia beralasan bahwa aksinya atas keyakinannya, "ingin kembali ke UUD 45 yang asli. Saya ini mempercayai Sabda Palon Nagih janji Serat Jayabaya" ujar Ki Gendeng saat itu.

Di dunia politik, Ki Gendeng Pamungkas sempat mencalonkan diri sebagai salah satu calon walikota Bogor berpasangan dengan Ahmad Chusairi pada Pmilihan Kepala Daerah pada periode 2008-2013.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN