Mohon tunggu...
Ferry anandasinaga
Ferry anandasinaga Mohon Tunggu... Hyy

Hyy

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Banjir Besar Melanda Kota Bekasi

3 Februari 2020   12:32 Diperbarui: 3 Februari 2020   12:35 32 0 0 Mohon Tunggu...

Pada saat itu kurang lebih pada tahun 2007 rumah saya terkena banjir yang tidak terlalu tinggi, kurang lebih 10 sampai 30cm dan air banjir itu memasuku rumah saya, penyebabnya pada saat itu curah hujan yang tinggi, pencegahan banjirnya kurang di lakukan, selokan yang berdiameter kecil dan banyak yang membuang sampah sembarang sehingga menyumbat jalannya air pada selokan, dan kami mengatasinya dengan cara memperluas selokan tersebut dan di kurangi pembuangan sampah sembarangan atau sebisa mungkin tidak membuang sampah sembarangan.

Diberitahukan bahwa paling banyak korban banjir di wilayah bekasi, jawa barat. Kurang lebih kejadian itu berlangsung pada tanggal 1 sampai 3 Januari 2020. Pengungsi paling banyak di kota bekasi kurang lebih 149.537 jiwa yang mengungsi.

Di kota bekasi rata-rata genangan kurang lebih 20 sampai 50 cm , tetapi di kota bekasi masih ada 1,2 yang genangannya masih sekitar 1 meter jadi masih terdapat evakuasi. Penyebab terjadinya juga yaitu karena tidak ada sistem early warning dan tinggi curah hujan.

Pertama, Kegiatan Struktural Kegiatan struktural dilakukan dengan membangun infrastruktur-infrastruktur penanggulangan banjir di antaranya pembuatan tanggul, normalisasi sungai, pembuatan tandon air (setu tempat penampungan air).

Kedua, Kegiatan non struktural Kegiatan non struktur merupakan kebijakan yang diambil oleh pemerintah Kota Bekasi untuk mengantisipasi banjir, di antaranya kebijakan pemberian izin pembangunan asalkan menerapkan zero run off dengan pembuatan sumur resapan di setiap bangunan atau secara komunal. Ketiga, kegiatan Kultural yang dilakukan melalui edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat seperti tidak membuang sampah sembarangan yang akan berdampak banjir.

VIDEO PILIHAN