Mohon tunggu...
Ferry Silitonga
Ferry Silitonga Mohon Tunggu...

My life = psychology + movies + musics

Selanjutnya

Tutup

Digital

Beli Buku Online. Kenapa Tidak??

25 September 2010   07:41 Diperbarui: 26 Juni 2015   12:59 1066 0 0 Mohon Tunggu...

Bagi para kutu buku, buku sudah seperti kitab suci, harus ada dan sacral hukumnya. Namanya juga hobby, pasti segala cara akan dilakukan untuk menemukan buku yang dicari. Buku ini bisa dalam berbagai macam topik, mulai novel, politik, spiritual, kisah-lisah inspiratif, dan juga buku-buku untuk keperluan anak serta text book.

Dalam rangka mencari buku yang diinginkan, berbagai cara dilakukan. Mulai dari hunting buku di pasar murah, hingga ke toko-toko buku besar. Tetapi, seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, maka media pembelian buku juga berkembang. Sekarang, kita tidak perlu cape-cape pergi ke toko buku untuk berburu buku yang kita inginkan. Cukup online ­di internet, click, maka buku yang kita inginkan dapat segera dikirimkan ke alamat kita.

Tentu saja metode ini sangat menguntungkan mereka yang kerja atau beraktivitas supersibuk. Karena efisien dan sangat praktis sehingga menhemat banyak waktu. Satu hal yang selalu dicari para pecinta buku adalah diskon. Maka, membeli buku secara online bisa menjadi pilihan terbaik karena hamper semua situs pembelian buku online member diskon bervariasi, mulai 10%-50%.

Satu hal yang perlu diingat, tidak ada yang perlu ditakutkan dalam belanja buku secara online karena buku yang kita pesan dizamin akan terkirim jika kita telah melakukan pembayaran, konformasi, dan memberi alamat lengkap yang jelas. Dalam hal ini, komunikasi sangat penting (biasanya lewat email). Jika buku yang kita inginkan stok habis atau masalah lain bisa diketahui dari email konfirmasi kepada kita.

Berikut ada beberapa situs membeli buku secara online yang bisa aku jamin, karena sudah berpengalaman membeli buku di situs ini.

1.Bukabuku.com

Menurutku, situs ini yang paling lengkap dan tentunya dengan diskon besar-besaran. Sangat lengkap. Koleksi novelnya yang paling lengkap, buku popular hingga buku text ada di situs ini.

Caranya gampang. Tinggal daftar. Cari buku yang diinginkan. Klik buku yang diinginkan ke dalam kerenjang pembelian. Kemudian isi semua detail yang diperlukan. Dan yang paling penting adalah metode pembayaran. Bisa transfer melalui bank/ATM atau bisa dilakukan dengan membayar secara langsung ketika buku diantar ke rumah. Tapi cara yang terakhir ini biasanya hanya berlaku untuk Jakarta dan sekitarnya saja.

Sebagai tambahan, diskon disini biasanya mencapai 30%. Jadi walaupun dipotong biaya kirim, kita tetap bisa berhemat sampai 10.000 jika membeli di toko buku. Aku membeli puluhan buku disini, jadi sangat aman, terjamin, dan pengiriman tepat waktu. Bukan untuk promosi, situs ini yang terbaik menurutku dengan harga sangat bersaing. Disini juga tidak hanya bukusaja yang bisa kita beli, tetapi ada juga CD, DVD, fim, dll, dan ada juga yang diimpor langsung melalui amazon.com.

2.Zahra.co.id

Situs ini juga punya teman yang masih dalam satu payung, dastan.com. dan daras books. Kelebihan situs ini adalah diskonnya yang super gila. Diskon perbuku bisa mencapai 30% ditambah 10% bagi yang memiliki kartu member. Jadi, bisa-bisa buku yang kita beli jatuh setengah harga. Belakangan ini, situs ini juga sudah bisa menerima pesanan buku melalui SMS jadi sangat praktis. Serunya lagi, buku-bukunya sangat berkualitas, apalagi untuk novel. Tapi sayangnya tidak selengkap bukabuku.

3.Bukudiskon.com

Situs ini juga lumayan lengkap, tapi tidak selangkap bukabuku.com. Biasanya, jika membeli buku, aku akan ke Zahra dulu agar dapat diskon besar, tapi kalau tidak ada maka, bukabuku akan bersanding dengan bukudiskon untuk mencari yang paling murah.

Kelemahan situs ini adalah, biaya pengirimannya ditentukan oleh berat buku. Kadang menggunakan metode ini bisa sedikit merugikan.

4.Kutukutubuku.com

Situs yang satu ini agak mirip seperti bukudiskon, tetapi biaya pengiriman tidak berdasar pada berat buku. Cukup lengkap, tetapi agak lebih mahal sedikit dibandingkan yang lain.

5.Gramedia.com

Tentu saja tidak ada yang tidak mengenal penyedia buku terbesar di Indonesia ini. Tentu saja situs ini yang paling lengkap. Tapi aku tidak menyarankan, karena kita akan mendapatkan buku dengan harga yang sama dengan di tokonya, sedikit agak mahal. Ditambah proses pengirimannya yang sangat ribet dan butuh banyak syarat.

* gambar diambil dari canopus.blogdetik.com, dinamikaebooks.com, bukudiskon.net, first-search.com

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x