Feri Nugroho
Feri Nugroho pelajar/mahasiswa

"Always optimistic because nothing is impossible in this world and don't forget keep pray". instagram : feri_nugroho Blog : invuslens.blogspot.co.id

Selanjutnya

Tutup

Wisata highlight headline

Indahnya Pemandangan Malam di Bukit Besar Kabupaten Lahat

10 Agustus 2017   12:11 Diperbarui: 10 Agustus 2017   19:04 498 5 0
Indahnya Pemandangan Malam di Bukit Besar Kabupaten Lahat
sudut lainDokumentasi pribadi

Bukit besar atau sering disebut juga dengan bukit besak merupakan salah satu tempat lokasi di kabupaten Lahat tepatnya di desa Perangai, kecamatan Merapi Selatan Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Bukit besar ini sendiri memiliki ketinggian 1700 mdpl.

Untuk sampai ke Lahat, apabila kita dari Palembang ada beberapa cara. Pertama dengan kereta dari Stasiun Kertapati - Lahat, biayanya Rp. 35.000/orang untuk kereta pagi. Cara kedua bisa dengan bus, ada beberapa bus yang punya tujuan ke Lahat salah satunya ialah Telaga Biru. Tiket dan naiknya dari Terminal Karya Jaya dengan harga Rp 50.000/orang. 

Sedangkan cara ketiga adalah dengan naik travel yang pastinya lebih cepat sampai tujuan tapi biayanya antara Rp 70.000 -- Rp 90.000/orang. Selanjutnya dari stasiun atau terminal di Lahat bisa diteruskan dengan naik angkutan umum. Kalau dari terminal harga yang dipatok adalah Rp 20.000/orang dan biasanya supir memberi harga yang lebih tinggi untuk pembuka, jangan sungkan untuk menawar agar mendapatkan harga yang sedikit lebih miring.

View Bukit Serelo/bukit jempol dari bukit besar|Dokumentasi pribadi
View Bukit Serelo/bukit jempol dari bukit besar|Dokumentasi pribadi

Untuk waktu tempuh sampai kepuncak kurang lebih 3 jam berjalan santai sambil menikmati pemandangan.  Untuk tracknya sendiri didominasi dengan track miring antara 45-60 drajat. 

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Meskipun track yang lumayan menguras keringat tetapi kita selalu di hibur dengan view disekitar bukit besar yang indah.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Sayangnya untuk suhu dibukit besar sekarang lumayan panas, "Iya dulu disini dingin dan sejuk tetapi seiring kesininya banyak pembukaan hutan dan pertambangan suhu disini mulai berubah nak," kata warga lokal kepada saya.

Meskipun lumayan panas it's okay tak mengurangi pemandangan di sekitar, meskipun mulai terlihat aktivitas kegiatan proyek. Tetapi untuk suasana malam suhu disini sejuk.

suasana malam dengan view bukit jempol|Dokumentasi pribadi
suasana malam dengan view bukit jempol|Dokumentasi pribadi

Di bukit besar ini sendiri merupakan tempat paling bagus untuk berburu potret milkyway. Disini kita bisa menikmati suasana negeri di atas awan tetapi dengan catatan, apabila malam hujan maka kita bisa melihat awan di sekitar bukit besar dan menyelimuti hutan dibawahnya, tetapi apabila malam tidak hujan kemungkinan besar kita tidak mendapatkannya.

Pada saat kesini sayangnya saya tidak mendapatkan negeri di atas awan. 

Untuk catatan bagi teman-teman yang ingin melakukan aktivitas outdoor di sini agar menjaga kelestarian alam, menaati peraturan serta menghormati kearifan lokal serta jangan lupa bawa kembali sampah yang dibawa.