Mohon tunggu...
Ferdi Rosman Feizal
Ferdi Rosman Feizal Mohon Tunggu...

Idealisme dan Nasionalisme untuk dasar kemajuan Bangsa dan Negara

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Gunakan TV DC dan Lampu LED DC untuk Menghemat Listrik Solar Cell

2 Juni 2016   11:00 Diperbarui: 2 Juni 2016   11:10 518 0 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="TV LED DC 21,5""][/caption]Kehadiran lampu-lampu LED DC di pasaran disusul dengan TV LED DC akan meningkatkan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) seperti solar cell untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil yang sedang gencar-gencarnya diinstrusikan Pemerintah melalui kementrian ESDM.

Disamping untuk memperkuat ketahanan energi dan kedaulatan energi Indonesia, penggunaan beban-beban DC pada instalasi solar cell seperti lampu-lampu LED DC dan TV LED DC juga akan menjadikan penggunaan EBT Solar Cell semakin murah seiring dengan turun harga panel solar cell belakangan ini dan perangkat yang terpasang akan semakin awet.

Satu buah Panel Solar Cell kapasitas 50 WP misalnya bisa digunakan untuk menyalakan TV 21,5 inchi selama 6 jam tapi dengan syarat TV yang dipasang adalah jenis TV LED DC dan masih tersisa, dimana sisanya masih dapat digunakan untuk menyalakan lampu 5 Watt selama 6 jam dengan syarat yang sama yaitu lampu LED DC yang dicatu langsung dari battery (aki) tanpa melalui pengubah arus dc menjadi dc (inverter) yang merupakan beban bagi solar cell.

Di Daerah terpencil yang belum mendapat pasokan listrik dari PLN dan tidak ada tower TV atau di daerah pegunungan yang jauh dari tower relay TV, masyarakat yang ingin menikmati siaran TV terpaksa harus menggunakan parabola, entah parabola berbayar atau gratisan. Umumnya mereka memasang parabola gratisan yang justru banyak dijual di daerah pedesaan, pedalaman dan pulau-pulau kecil.

Penggunaan parabola untuk menangkap siaran TV ini menyebabkan penggunaan daya bertambah karena digunakan untuk menghidupkan receiver parabola dengan konsumsi daya sebesar 15 Watt AC dan terpaksa harus menambah perangkat pengubah arus dc menjadi dc (inverter) dengan rugi-rugi dayanya dan fan yang ada didalamnya.

[caption caption="TV LED DC 12V"]

[/caption]Dengan dipasangnya parabola beserta receivernya di rumah-rumah di daerah terpencil, cukup dipasang 2 buah panel solar cell 50 WP yang dapat menyalakan TV LED DC 21,5 inchi selama 6 jam (18:00-24:00) dengan 2 buah lampu LED DC 5 Watt dan 3 Watt selama 12 jam.

Pekalongan, 2 Juni 2016

 

 

VIDEO PILIHAN