Mohon tunggu...
Fenni Bungsu
Fenni Bungsu Mohon Tunggu... Suka menulis

#SemangatCiee melalui tulisan non fiksi dari ragam bidang dan Cerita Fiksi. ⭐ IG : @fenni_bungsu ⭐ www.fennibungsu.com ⭐www.fennibungsu.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Apa yang Didapat dari Acara Pelatihan Menulis dan Tur ke Pulau Maju bersama CLICKompasiana?

10 Agustus 2019   20:26 Diperbarui: 10 Agustus 2019   21:30 0 8 2 Mohon Tunggu...
Apa yang Didapat dari Acara Pelatihan Menulis dan Tur ke Pulau Maju bersama CLICKompasiana?
dok. fennibungsu

Hai, hai semua! Sudah menulis apa hari ini?

Entahlah apa yang sedang kamu tuliskan. Sebab yang terpenting jangan lupa untuk menuliskan amal baikmu ya sebagai bekal di akhirat nanti, karena tulisan bukan hanya menjadi terkenal, dan dikenang, sekaligus juga menjadi amal jariyah untuk kita. Maka tulislah sesuatu yang bermanfaat. Bila yang membaca tulisan kita mengamalkannya, bukankah menjadi ladang pahala untuk kita?

Berangkat dari hal itulah, saya tertarik mengikuti kegiatan bersama CLICKompasiana (Komunitas Commuter Line) yang berkolaborasi dengan PPI (Persatuan Penulis Indonesia) karena menggelar acara yang bertajuk, "Pelatihan Menulis dan Tur ke Pulau Maju".

Kegiatan tersebut berlangsung di Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah yang pasti menambah pengetahuan saya dalam bidang literasi, serta sebagai ajang kangen-kangenan juga bareng teman-teman, karena biasanya kan ada acara Nangkring bersama Kompasiana. Ini sudah lama juga belum ada kegiatan nangkring ya (lah malah curcol, hahaha).

dok. fennibungsu
dok. fennibungsu

Pelatihan Menulis bersama Tiga Narasumber Kece

Narasumber pertama dalam acara tersebut disampaikan oleh Ibu Fanny Jonathan Poyk (Fanny J Poyk) seorang sastrawan yang telah bergelut dengan dunia literasi semenjak tahun 1973 ini menerangkan bahwa, perbanyaklah membaca agar memperkaya perbendaharaan kata (diksi)

Saya setuju dengan hal tersebut. Dari membaca kita bisa mengetahui apakah kata yang digunakan adalah baku atau tidak, struktur penulisannya tepat atau tidak. Namun ya pastinya melalui sumber bacaan yang tepercaya. Bukan hoax, apalagi yang mengandung hal-hal tidak baik. 

Dalam kesempatan tersebut pula, beliau yang mengawali debut pertamanya dengan menulis puisi ini menerangkan teknik membuat tulisan.

dok. fennibungsu
dok. fennibungsu
Nah untuk narasumber kedua, kompasianers pasti nggak asing lagi dengan sosok berikut ini, yaitu Pak Isjet atau yang bernama lengkap Iskandar Zulkarnaen, Co-founder Kompasiana. Beliau menerangkan bahwa di era digital saat ini teknik memasarkan produk bukan lagi menggunakan cara door to door, melainkan dengan digital marketing, yang salah satu caranya adalah melalui content marketing. 

dok. fennibungsu
dok. fennibungsu
Kita yang ingin benar-benar mendalami pekerjaan sebagai bloger (content creator) dalam memasarkan produk bisa menggunakan teknik soft selling maupun hard selling, dan jangan lupakan 4 prinsip membuat content marketing tersebut, agar tulisannya tetap mendapat tempat di hati pembaca.

Selain itu dalam memasarkan produk, tentu berkaitan erat dengan ekonomi. Sayangnya masih kurang peminat untuk yang mau menulis pada bidang tersebut. Padahal menurut narasumber ketiga, yaitu Pak Isson Khaerul, Direktur Program PPI, kebutuhan untuk menulis di bidang ekonomi sebenarnya peluangnya besar yang penting memiliki data yang valid. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3