Mohon tunggu...
Fazlina SilviBaroroh
Fazlina SilviBaroroh Mohon Tunggu... fazlina silvi baroroh

Fazlina Silvi Baroroh prodi Gizi Fakultas Psikologi Dan Kesehatan UIN Walisongo Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Karl Marx adalah Salah Satu Tokoh Besar dalam Sosiologi

18 Juni 2021   15:00 Diperbarui: 18 Juni 2021   15:11 60 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Karl Marx adalah Salah Satu Tokoh Besar dalam Sosiologi
sumber:International Institute of Social History via wikipedia

Karl Mark adalah seorang fisuf, sosiolog, ekonomi, politisi, dan aktifis. Karl Marx memiliki nama asli Karl Heinrich Marx lahir di kota Trier provinsi Moselle, Prussian Rhineland, Jerman, 5 Mei 1818. Dari silsilah keluarga, Marx merupakan keturunan rabbi Yahudi dari garis keturunan ibunya yang bernama Henrietta dan ayahnya bernama Heinrich yang merupakan seorang pengacara kondang dan terhormat di Trier. Marx dan keluarganya adalah penganut Kristen Protestan.

Marx memiliki kepribadian yang berbanding terbalik dengan ayahnya, Marx memiliki bakat intelektual, tetapi keras kepala, kasar, agak liar dan jarang mengedepankan perasaan. 

Di Universitas Bonn Marx mempelajari hukum pada usia delapan belas tahun selama satu tahun, kemudian Marx berpindah ke Universitas Berlin dan dari situlah Mark mengenal pemikiran-pemikiran Hegel. Walaupun pada waktu itu Hegel telah meninggal dunia tetapi semangat dan filsafat yang diwariskan masih di minati dan menguasai pemikiran filsafat dan social di Eropa.

marx sangat dipengaruhi oleh pemikiran Hegel yang mengasumsikan bahwa segala sesuatu di dunia ini atau di masyarakat memiliki kontradiksinya yang kemudian kontradiksi itu akan menghasilkan sintesis sehingga segala sesuatu yang ada selalu akan mengalami dialektika. 

Namun setelah itu Marx berubah pikiran karena Marx beranggapan bahwa apa yang dipikirkan Hegel sangat idealis sehingga sulit di wujudkan. Karena menurut Marx pemikiran Hegel merupakan ide bukan kenyataan dan pengalaman. Pada tahun 1845 Marx menjalani kehidupannya bersama istrinya di Paris. 

Di Parislah Marx terbentuk sebagai seseorang yang kritis terhadap masalah-masalah kemasyarakatan. Pada waktu itu Paris merupakan kota yang menjadi pusat kegiatan kegiatan radikal, intelektual dan sebagai pusat liberalisasi.

Marx banyak mengenal pemikir pemikir penting dalam pemikiran sosialis Prancis dan tokoh tokoh sosialis prancis yang kemudian memberikan pengaruh besar terhadap Marx seperti Saint Simont dan Proudhon. 

Dengan mengenal banyaknya tokoh tokoh sentral intelektual , radikal, revolusioner di Paris dan itulah yang membuat marx lebih peduli dengan kaum buruh dan rakyat kecil yang tertindas. Dan kemudian dari keperduliannya tersebut Marx menolak system kapitalis yang meluas dan berusaha menggatikannya dengan system sosialis. 

Menurut Marx dengan meluasnya system kapitalis dapat mengancam kondisi ekonomi dan social yang sebenarnya dan tingkat kesadaran social kelas buruh. dimulai dari  filsafat moral keadilan dan cita-cita untuk perubahan masyarakat menuju keadilan social ekonomi yang mendasari kritik dan semangat Marx untuk melakukan kritik terhadap system kapitalisme.

Dimulai dari pemikiran pemikiran kritis Marx terhadap system kapitalis itulah yang menjadi cikal bakal lahirnya perlawanan Marx terhadap system kapitalis. Ditengah perjuangannya melawan system kapitalisme tersebut Marx menulis beberapa karya ilmiah yang terkenal seperti  Economic and Philoshopical yang berupa manuscript berisi analisis tentang ekonomi dan filsafat. 

Selain Economic and Philoshopical terdapat karya lain yang menjadi prinsip dalam hidupnya dan diterjemahkan dalam tulisan yang berjudul The Germany Ideology yang membahas masalah materialisme historis. Kemudian karya yang yang paling menonjol dari Marx adalah Das Kapital yang menjelaskan kontradiksi internal dalam sistem kapitalis.

VIDEO PILIHAN