Mohon tunggu...
Faza Nailun
Faza Nailun Mohon Tunggu... Younger Mom

Merubah hobi sambat menjadi hobi baca dan nulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Kilas Balik Teori Intelegensi Howard Gardner

18 Oktober 2020   19:03 Diperbarui: 18 Oktober 2020   19:09 35 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kilas Balik Teori Intelegensi Howard Gardner
Sumber : Blogspot khotimahsiti86

"anak ku malas belajar, tapi ia senang sekali mendengarkan lagu, memainkan alat musik dan bernyanyi" 

Celotehan seorang mama kepada teman nya yang juga sama sama memiliki buah hati masih duduk di bangku TK. Sebut saja nada, nada masih duduk dibangku TK kelompok B. Ia sangat sulit jika disuruh belajar, sampai mama nya bingung harus membujuk seperti apalagi. 

Namun jangan salah, nada sangat menyukai hal hal yang berbau musik. Yaaa nada sangat mahir dalam memainkan alat musik, misal nya piano. Terhitung dari umur yang masih kecil, namun nada memiliki kecerdasan musikal, bahkan ia juga memiliki suara yang enak didengar. 

Problematika mama nada ini, mengingatkan ku pada teori intelegensi yang dikemukakan oleh Howard Gardner, yaitu bahwasanya semua anak itu memiliki kelebihan. Beliau melakukan penelitian pada manusia, yang kemudian menghasilkan teori kecerdasan majemuk yang berjumlah 8 macam, apa saja? Yuk yak yuk kita bahas ehee 

Pertama kecerdasan bahasa atau linguistic. Kecerdasan bahasa dalam hal ini mencakup tentang kemampuan berpikir seseorang dengan menggunakan bahasa untuk mengutarakan atau mengapresiasi apapun. Pandai berkata kata yang kemudian menjadi penulis, menjadi wartawan dll. Termasuk pekerjaan yang menggunakan kemampuan berpikir linguistic. 

Kedua kecerdasan logika matematika. Nah, kemampuan berpikir dalam hitung menghitung dan yang berhubungan dengan angka angka, inilah yang dimaksud dengan kecerdasan logika matematika. 

Ketiga kecerdasan intrapersonal. Kemampuan untuk membangun anggapan atau kemampuan untuk memberikan penguatan kepada seseorang dengan pengetahuan yg dimiliki. Contohnya seorang psikolog. 

Keempat Kecerdasan interpersonal sebuah kemampuan untuk memahami orang lain dan pandai menjalin hubungan yang efektif dengan lawan bicara nya. Alias mudah bergaul. 

Kelima kecerdasan musikal, kemampuan seseorang dalam hal bermusik, atau memiliki kepekaan terhadap apapun yang berbau dengan musik, bernyanyi atau alat musik. 

Keenam kecerdasan spasial. Kemampuan dalam hal visual layak nya profesi pelukis, desainer dan arsitek. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN