Mohon tunggu...
Fayza Devana Wynistilla
Fayza Devana Wynistilla Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa S1 Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga

seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Nasionalisme di Tengah Pandemi dan Modernisasi, Masih Perlukah?

16 Mei 2022   09:41 Diperbarui: 16 Mei 2022   18:59 170 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nasionalisme yang merupakan tonggak persatuan bangsa adalah hal yang wajib untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang tetap kokoh dalam menghadapi semua masalah ini karena generasi mudalah yang merupakan penerus bangsa di masa depan. 

Di tengah era globalisasi dan modernisasi serta keadaan Pandemi COVID-19 sekarang ini, segala aspek kehidupan sosial membutuhkan adaptasi yang lebih ekstra dalam menghadapi situasi mencengkam ini. 

Terlebih lagi dengan adanya isu-isu sosial yang berkembang di kalangan generasi muda menyebabkan kemudahan penyebaran berita bohong atau hoax yang mengakibatkan lunturnya nasionalisme dan patriotisme khususnya di generasi muda. 

Mengapa harus generasi muda?

Generasi muda adalah langkah awal untuk membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih kokoh lagi. Pasalnya akan banyak ide dan aspirasi yang akan diberikan oleh generasi muda untuk kelangsungan Indonesia kedepannya. Namun, jika adanya pengaruh-pengaruh baik dari dalam maupun dari luar yang mempengaruhi mereka akan membuat para generasi muda menjadi lemah. Untuk itu, setiap masalah yang melibatkan generasi muda harus segera diatasi dan dicarikan solusinya. 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, rasa nasionalisme sangatlah cepat memudar. Hal ini disebabkan oleh terjadinya pengaruh dan bisikan yang berasal dari pihak internal maupun pihak eksternal bangsa. 

Generasi muda adalah salah satu generasi yang memiliki pola pikir yang masih labil dan mudah dipengaruhi karena sejatinya generasi muda mempunyai karakteristik tersendiri dibandingkan dengan generasi lain. 

Oleh karena itu, perlunya ada literasi dan dukungan agar generasi milenial dan seluruh warga masyarakat pada umumnya bisa menyadari tentang ketidakstabilan yang sedang terjadi di negara kita saat ini akibat Pandemi COVID-19 sehingga warga masyarakat bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi semua tantangan dan hambatan kedepannya.

Untuk itu diperlukan sebuah cara agar bisa membangun kembali rasa nasionalisme di tengah kalangan anak muda, yaitu sebagai berikut : 

  1. Menerapkan pengalaman atau nilai-nilai yang terdapat di dalam sila-sila pancasila di segala aspek kehidupan. 

  2. Turut serta dalam mengembangkan berbagai produk dalam negeri yang unik dan berkualitas sehingga generasi milenial akan mencintai produk dalam negerinya sendiri. 

  3. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan