Mohon tunggu...
Fawwaz Ibrahim
Fawwaz Ibrahim Mohon Tunggu... Lainnya - Aktivis Pendidikan

Belajar untuk menulis kembali

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Taman Safari Prigen: Destinasi Wajib Para Pecinta Satwa

5 Februari 2016   23:33 Diperbarui: 9 Februari 2016   13:23 212 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

[caption caption="Dok. Sekilasharga.com | Salah Satu satwa yang berada di Taman Safari Prigen"][/caption]Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata libur memiliki definisi keluar dari rutinitas pekerjaan keseharian, juga bisa bermakna bersenang-senang dan bersantai. Akan tetapi, dalam benak saya liburan lebih dari makna yang ada dalam kamus, liburan adalah harta karun yang di dalamnya kita akan mendapatkan kejutan yang tak terduga. Ya, kejutan tak terduga dalam setiap libur.

Tentu untuk mengisi waktu libur setiap orang memiliki caranya sendiri. Adapun saya sendiri, untuk mengisi libur selalu saya maksimalkan untuk pergi ke suatu tempat yang belum pernah saya kunjungi, ya, yang belum pernah saya kunjungi. Selama biaya mencukupi untuk tinggal beberapa hari, rasanya itu sudah cukup.

Bagi saya liburan adalah sebuah media untuk mendapatkan pengalaman baru, teman baru, suasana baru, pemikiran baru dan mendapatkan sensasi hidup menjadi lebih hidup. Rasanya kalau dihitung sudah berapa tempat yang pernah saya kunjungi tentu masih terbilang sedikit, namun dari beberapa destinasi yang pernah saya datangi, Jawa Timur adalah provinsi yang sangat punya pesona lebih.

[caption caption="Dok. pasuruan.tamansafari.com | Kendaraan yang dimiliki oleh Taman Safari Prigen untuk mengantar para pengunjung"]

[/caption]Tentu kalau berbicara tentang Jawa Timur, kebanyakan orang hanya akan berbicara tentang Surabaya, Malang, Batu, Gunung Semeru dan Gunung Bromo. Tentu sangat mainstream sekali untuk beberapa destinasi yang saya sebutkan tadi, akan tetapi di Jawa Timur sana, sejak tahun 1997 telah hadir Taman Safari Indonesia 2 yang masih tetap beroprasi hingga saat ini.

Saya pun sempat kaget kalau ada taman safari di Jawa Timur, memang terdengarnya pun asing bagi saya mendengar Taman Safari Prigen. Karena selama ini saya hanya mengetahui dua taman safari, yaitu yang berada di Bogor dan Bali. Selama ini hanya dua taman safari tersebut yang saya ketahui, akan tetapi karena Kompasiana, saya akhirnya mengetahui destinasi liburan selanjutnya yang ingin saya kunjungi, ya, Taman Safari Prigen, Pasuruan, Jawa Timur-Indonesia.

Dalam acara Kompasiana Coverage: How Close You Are #Safari Prigen, Ashrully Setia Yudanto selaku Marketing Communication Manager menjadi pembicara aktif dihadapan para kompasianer. Banyak sekali pemaparan menarik yang beliau sampaikan, namun dalam tulisan ini saya hanya akan menuliskan beberapa hal yang menurut saya menarik yang ada di Taman Safari Prigen.

Taman Safari Prigen, Pasuruan, Jawa Timur-Indonesia

Berada di bawah naungan PT. Taman Safari Indonesia, taman safari Prigen menjadi tempat konservasi satwa, tempat edukasi dan sekaligus tempat rekreasi. Menariknya, dengan luas kawasan 350 hektar yang tertelak di wilayah kaki gunung Arjuna, taman safari Prigen memberikan nuasana alam yang begitu natural bagi para pengunjung yang hadir.

Berada di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuaran. Tidak lantas membuat taman safari ini ketinggalan akan teknologi dalam bidang konservasi dan edukasi, malah bisa dikatakan taman safari Prigen menjadi pelopor konservasi dan edukasi percontohan yang hadir di daratan Jawa Timur.

[caption caption="Dok. pasuruan.tamansafari.com | Lebih dekat dengan para satwa "]

[/caption]Dengan koleksi lebih dari 200 spesies satwa, tentu ini akan memberikan edukasi tentang satwa yang cukup lengkap bagi anak-anak atau pun mereka yang sudah dewasa. Jujur saja, hingga saat ini mungkin spesies satwa yang pernah saya lihat tidak sebanyak koleksi yang dimiliki oleh taman safari Prigen, tentu akan menjadi pengalaman tersendiri melihat kelengkapan satwa yang dimiliki taman safari Prigen.

Perlu dicatatnya, 200 spesies itu jumlah yang sangat banyak. Ya sangat banyak bagi saya, tapi banyangkan lagi, bahwa di taman safari Prigen ini memiliki lebih dari 3000 satwa. Ya, lebih dari 300 satwa! Banyangkan saja, melihat 3000 satwa dalam berbagai spesies di satu tempat adalah keuntungan tersendiri bagi para pengunjung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan