Mohon tunggu...
Fauziyyah Nur Afifah
Fauziyyah Nur Afifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

lifestyle

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Kendalikan Mood dengan Pola Hidup yang Sehat dan Praktis

7 Juni 2022   19:40 Diperbarui: 7 Juni 2022   19:58 91 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Setiap orang pasti pernah mengalami kondisi mood atau suasana hati yang tidak stabil. Pada umunya suasana hati atau mood yang tidak stabil bisa dikendalikan dan kembali menjadi membaik. Akan tetapi, ketika kondisi mood yang meburuk terjadi secara terus menerus dan merasa sedih yang berkepanjangan maka waktu kita akan terbuang untuk hal tersebut dan tentunya kondisi mood yang buruk dapat membuang energi yang besar, dan kemungkinan terburuknya dapat mengalami depresi.

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kondisi mood. Salah satunya yaitu faktor gaya hidup seperti olahraga, menjaga pola makan, serta merawat diri. Hal tersebut  sangat berperan penting dalam perkembangan atau pencegahan kondisi mood yang tidak stabil. Oleh karena itu, sangat penting kita untuk memahami bagaimana cara pola hidup yang sehat dan praktis.

Apa itu Pola Hidup Sehat?

Kondisi kesehatan tubuh juga berpengaruh terhadap kondisi emosional kita, seperti misalnya kita sering berolahraga maka kondisi kita akan lebih fit dan mood atau kondisi emosional kita akan baik. Oleh karenanya hal ini akan berputar-putar saja di satu tempat jika tidak kita coba ubah keduanya. Maka dari itu Sobat Cegah sangat penting menjaga kondisi emosional dan kesehatan tubuh untuk mendapatkan kesejahteraan diri dan hidup yang sehat, karena keduanya saling memengaruhi satu sama lain.

Pola hidup sehat juga dapat diartikan sebagai salah satu usaha untuk menuju bahagia. Hal ini dikarenakan sehat menjadi syarat utama seseoranh dapat menikmati kehidupan. Tentunya jika hidup kita tertata dengan terbiasa dengan pola hidup sehat maka hal tersebut sudah menjadi salah satu langkah untuk menjaga kestabilan suasana hati.

Bagaimana Cara Pola Hidup Sehat?

1.Menjaga Pola Makan dengan Mengkonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Menjaga pola makan merupakan cara memulai pola hidup yang cukup sulit diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, menjaga pola makan yang bergizi seimbang merupakan hal yang penting. Seperti asupan yang masuk dalam tubuh terdiri dari karbohidrat, protein, serat, mineral, dan vitamin. Hal ini sangatlah penting, agat tubuh dapat melakukan metabolisme secara baik serta menjalnkan fungsinya secara maksimal. Selain itu, pengolahan makanan juga harus diperhatikan agar zat-zat yang terkadung dalam makanan tersebut tidak rusak dan memberi manfaat dalam tubuh secara maksimal.

Akan tetapi, jika masih cukup sulit untuk memulai, kita dapat memulai dengan memberikan catatan apa saja makanan yang akan dikonsumsi setiap harinya sesuai dengan gizi seimbang. Catatan ini sangat berguna untuk pengingat agar dapat mencukupi kebutuhan gizi dan membatasi makanan yang tidak sehat secara perlahan-lahan untuk memulai kebiasaan baru. Hal tersebut bertujuan untuk membiasakan kita hidup dengan pola yang sehat dan praktis. Dan tidak lupa untuk menjalani pola makan yang sehat kita harus mengkonsumsi buah dan sayur di samping karbohidrat dan gizi yang lain.

2. Berolahraga setiap hari

Untuk melakukan hidup dengan pola yang sehat, kita tidak lupa untuk melakukan olahraga secara rutin dengan minimal berolahraga 30 menit dalam sehari. Tidak perlu olahraga yang berat ataupun melakukan ditempat luar, berolahraga 30 menit dapat dilakukan dirumah seperti mengikuti gerakan senam dari youtube, lari ditempat,dan masih banyak olahraga yang dapat dilakukan dirumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan