Mohon tunggu...
Muhammad Fauzi Mustofa
Muhammad Fauzi Mustofa Mohon Tunggu... -

Percaya bahwa menulis itu juga sedekah

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Memahami Negeri dengan Berlibur

1 Maret 2018   06:05 Diperbarui: 1 Maret 2018   06:43 578
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Traveliday.com

Setahun yang lalu, saya diberi kesempatan ikut Youth Camp di Ayert Resort and Cottage Kepulauan Seribu. Event yang diadakan Climate Institute bersama FNF Indonesia ini mengisi waktu saya dengan mengunjungi pulau yang ujungnya bisa terlihat. 

Iyaa, ada diujung pandangan saya sudah batas pulau (laut). Kami dipertemuan dengan seseorang yang hebat. Beliau mengabdikan diri di Papua, ingin mengajarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga mangrove, yang ternyata masyarakat di sana sudah terikat budaya melestarikan hutan. 

Ada sesi kita menikmati pantai, menyaksikan biawak berjemur di pasir atau melihat pohon kelapa berumur 17 tahun. Setiap pohon yang ditanam diberi nama dengan sebuah papan kecil, nama latin maupun indonesia nya. Bentuk hotel dan cottage nya ala-ala asmat, yang dilukis mirip sekali dengan aslinya. Ada juga tempat outbound anak-anak, bahkan tersedia kolam renang air tawar berikut seluncurannya. Dengan hanya liburan, dapat sensasi sambil belajar, serasa menyenangkan. 

Awalnya sih saya enggak tau sama sekali, dengan berlibur sambil bertemu teman dari latar berbeda, dengan mengundang pemerintah, ahi, dan orang terlibat suatu peristiwa unik maka menambah wawasan saya, sehingga minat saya untuk belajar lingkungan bertambah. Saya akhirnya agak sedikit paham dunia pemerintahan, kemaritiman dan lingkungan. Hingga kini dapat sense bahwa negeri kita itu luar biasa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun