Mohon tunggu...
fauzi al azhar
fauzi al azhar Mohon Tunggu... Administrasi - Catatan Kecil

Orang biasa yang bermimpi luar biasa

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Masuk Unggulan IGA, Tim Visitasi Layanan Nagita

6 Desember 2022   17:04 Diperbarui: 6 Desember 2022   17:19 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kunjungan ke Nagari III Koto Aua Malintang/Dokpri

Inovasi Nagari Go Digital yang dikembangkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman sejak tahun 2019 menjadi salah satu unggulan dalam Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 untuk kategori inovasi digital. 

Hal ini merupakan hasil penilaian proposal yang diajukan oleh Pemkab Padang Pariaman serta presentasi Bupati Padang Pariaman. Pemkab telah mengajukan proposal melalui aplikasi IGA pada pertengahan Septermber yang lalu serta presentasi Bupati Padang Pariaman pada 23 November 2022 di Jakarta.

Sebagai unggulan dalam bidang inovasi digital, Tim IGA dari Kementerian Dalam Negeri pada Senin, 5 Desember 2022 melakukan visitasi lapangan terhadap implementasi inovasi. Tim penilai dipimpin langsung oleh Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd, Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri RI beserta dua anggota Tim Penilai.

Tahapan penilaian lapangan Nagita dimulai dari Kantor Disdukcapil Padang Pariaman. Tim penilai diterima langsung oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE, MM. 

Dalam agenda penerimaan Suhatri Bur didampingi oleh Sekretaris Daerah Rudy Repenaldi Rilis, S,STP, MM, Asisten II Drs Zainil, Kepala Disdukcapil Indra Utama, AP, M.Si, Kepala Bapelitbangda Drs Azwarman, MM, Kepala Disparpora M. Fadhly, AP, MM dan jajaran kepala perangkat Daerah serta seluruh pegawai Dukcapil Ceria.

Presentasi pelayanan Nagita secara singkat dilakukan oleh Indra Utama dihadapan tim penilai bertempat di Prisma Room. Selanjutnya Suhatri Bur menyampaikan bahwa tidak lengkap rasanya jika melakukan penilaian Nagita tanpa tidak melakukan kunjungan ke Nagari. 

Sedangkan Yusharto dalam sambutannya menyampaikan tahapan penilaian. Lebih lanjut Yusharto menyampaikan "Satu Inovasi tidak cukup untuk segala kebutuhan layanan, namun beberapa inovasi dapat saling dukung secara komprahensive. Pada dasarnya, digitalisasi tidak harus dilakukan anak muda dan tidak harus di Kota. Dengan penerapan layanan kependudukan pada tingkat Desa menjadi hal yang mendekatkan Pemerintah dengan masyarakat yang pada dasarnya wewenang pengambilan keputusan tetap pada Pemerintah." 

Tahapan penilaian selanjutnya dilakukan di salah satu Nagari/Desa terjauh di Kantor Disdukcapil. Nagari yang menjadi obyek kunjungan adalan Nagari III Koto Aua Malintang Kecamatan IV Koto Aua Malintang. Selama di Nagari, tim Pemerintah Nagari melakukan penjelasan terkait pelayanan Nagita. Penjelasan dilakukan secara tim dipimpin langsung oleh Wali Nagari H. Azwar Mardin, SE. Pemaparan teknis dilakukan oleh Kasi Pelayanan Yulia Putri, SP bersama staf front office Nagari. Pelayanan adminduk bisa dilakukan kurang dari sepuluh menit langsung dari Kantor Nagari. Diakhir kegiatan dilakukan pencetakan dokumen kependudukan dan diserahkan secara langsung oleh Yusharto kepada penduduk yang berlayanan.

Terkait dengan pelaksanaan layanan Nagita di Nagari Yusharto mengungkapkan "Kami menduga dalam Nagari ini masih mengalami kesulitan dalam melakukan komunikasi mengggunakan digital. Tetapi kami menyaksikan sendiri bahwa Nagari ini sudah terkoneksi dengan sangat baik dengan fasilitasi komunikasi informasi dan sudah menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yaitu Nagita. Melalui aplikasi ini sebagian urusan pelaksanaan administrasi kependudukan telah diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman kepada Pemerintah Nagari.

Lebih lanjut Yusharto menyampaikan "Dan kami juga sudah menyaksikan bagaimana warga di Nagari ini dilayani dengan begitu baik oleh Perangkat Desa atau Nagari. Kami mengapresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh Bupati Padang Pariaman terutama menjadi bagian dalam Innovatve Government Award melalui inovasi Nagita. Kami berharap kabupaten/kota yang lain dapat mengadopsi inovasi ini dan diterapkan di desa masing-masing."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun