Mohon tunggu...
fauziatul ula
fauziatul ula Mohon Tunggu... -

mahasiswa semester 6 di UIN Malang jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Save Your PAUD

5 Juni 2014   20:35 Diperbarui: 20 Juni 2015   05:11 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Suatu lembaga pendidikan tentu mempunyai kiat-kiat agar lembaga yang dikelolanya mampu berkembang dan bersaing dengan lembaga lainnya, tidak terkecuali lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Maraknya penyimpangan yang dialami oleh anak-anak tentu membuat sejumlah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini berusaha keras agar mampu mendapatkan kepercayaan orang tua dalam hal mendidik anak-anak mereka. Ada 3 hal yang juga perlu diperhatikan oleh lembaga PAUD agar mampu berkembang dan bersaing dengan lembaga PAUD lainnya yaitu kompetensi manajerialnya, profesionalisme guru PAUD, dan standar kompetensi pengelolaannya. Setidaknya 3 hal tersebut menjadi hal yang utama dan mendasar untuk diperhatikan.

Kompetensi manajerial adalah kemampuan manajerial seseorang, seperti pengelola program pendidikan anak usia dini, yang harus mampu membedakan karakteristik suatu lembaga dengan lembaga lainnya, serta harus dapat meningkatkan pemahaman diri terhadap bagaimana seharusnya memperlakukan bawahannya. keterampilan yang wajib dimiliki manajer yaitu keterampilan konsep, keterampilan teknik, dan keterampilan hubungan masyarakat.

Dalam permendiknas No.58 tahun 2009 dijelaskan bahwa untuk dapat menyelenggarak PAUD diperlukan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional atau yang memenuhi standar yan ditetapkan. Jadi jika bicara tentang profesionalisme guru PAUD tentu meliputi pendidik dan tenaga kependidikannya, syarat-syarat menjadi pendidik dan tenaga kepandidikan PAUD, kompetensi-kompetensi yang wajib dimiliki oleh guru PAUD, dan kualifikasi guru PAUD.

Standar kompetensi pengelola PAUD adalah acuan umum berisi seperangkat kemampuan dasar yang harus dimiliki pengelola PAUD dan mengikat unsur-unsur yang terlibat dalam penyeleksian calon pengelola, peningkatan kemampuan pengelola, dan pengelola lembaga PAUD.

Uraian diatas tentang3 hal yang perlu diperhatikan oleh lembaga pendidikan PAUD sekiranya mampu menyadarkan kita semua, bahwa mendirikan sebuah lembaga pendidikan diberbagai jenjang itu tidak hanya asal-asalan. Suatu lembaga pendidikan yang “terpandang” tentu jika lembaga tersebut mampu bersaing dan berkembang tidak hanya jalan ditempat tanpa ada kemajuan yang berarti. Seorang guru tenu akan senang jika mengetahui murid-muridnya menjadi orang yang sukses di masa depannya, jadi dalam pendidikan lembaga juga perlu memperhatikan proses pembelajarannya. Untuk apa jika semua tujuan pembelajaran tercapai secara kasat mata saja ? yang dalam artinya anak-anak hanya bisa mengusai pelajaran ketika mereka dalam lingkungan sekolah saja.

Jika anda termasuk kepala sekolah atau guru yang masih mempunyai pemikiran “pokok orep’’ (dalam bahasa jawa, yang artinya yang penting hidup) tentang lembaga pendidikan yang anda dirikan, rubahlah mulai sekarang. Apa bagusnya jika lembaga pendidikan tidak mampu mempunyai nilai lebih yang ditawarkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun