Mohon tunggu...
Muh Fauzan Al
Muh Fauzan Al Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang Mahasiswa dari Universitas Pendidikan Indonesia Program Studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi semseter 7.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kembangkan Produk Inovasi Minuman Coklat Bernama MooedMu Bersama NF Cipta Inovasi di Program Kampus Merdeka

19 Desember 2022   16:43 Diperbarui: 19 Desember 2022   16:50 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan pembelajaran oleh pengajar terkait materi Digital Marketing. Sumber : Dokumen Pribadi

Pada bulan Agustus 2022, salah satu program yang diluncurkan oleh KEMENDIKBUD yaitu Kampus Merdeka batch 3. Tujuan diselenggarakan program tersebut adalah untuk melatih dan mewadahi kemampuan serta pengalaman untuk terjun ke industri bagi mahasiswa. Sebelum mengikuti kegiatan Studi Independen, setiap mahasiswa diwajibkan melakukan serangkaian proses seleksi sesuai dengan kebijakan yang ditentukan oleh masing-masing mitra.

Pada kegiatan ini saya merupakan mahasiswa yang mengikuti program Studi Independent Bersertifikat Batch 3. Di kesempatan ini saya mengikuti kegiatan SIB di mitra Nurul Fikri Cipta Inovasi (NF Computer), pada program yang tersedia saya memilih program akademi digital marketing.

NF Computer merupakan lembaga pelatihan pada bidang pendidikan yang sudah berdiri sejak 1994 sampai saat ini. Pada Program SIB ini NF Komputer menawarkan 3 program yaitu Akademi Fullstack Web Developer, Akademi Mobile App Developer, dan Akademi Digital Marketing Pelaksanaan program SIB ini didampingi oleh Ibu Dian Permata Sari S.Kom, M.Kom., selaku dosen pembimbing dan satu orang mentor oleh kak Silmi Rizqi Ramadhani dari mitra NF Computer sebagai pembimbing kegiatan berlansung.

Pada kegiatan SIB terdapat 3 kegiatan utama, yang pertama adalah kegiatan Studi Independen secara daring yang dibawakan oleh para pengajar NF Computer yang ahli dan berpengalaman pada bidang tersebut.  Kegiatan ini bertujuan sebagai bekal mahasiswa sebelum membuat sebuah project konten marketing. Pembelajaran yang dipelajari saat daring ini yaitu konsep dasar digital marketing, riset pasar, kewirausahaan dan bisnis, pengembangan produk, public relation dan publikasi online, strategi digital marketing, graphic desain marketing, multimedia marketing, email marketing, social media marketing, content marketing & keyword research, Search Engine Optimization & web analytics, Search Engine Marketing, E-Commerce & marketplace, dan Customer Relationship Management.


Kegiatan kedua adalah sesi mentoring yang dibawakan oleh mentor yang berpengalaman dalam bidang digital marketing. Kegiatan ini bertujuan untuk mahasiswa yang belum memahami materi yang disampaikan oleh pengajar pada sesi pematerian yang telah berlangsung, sesi mentoring diadakan setelah sesi pengajaran di pagi hari telah selesai, pembahas yang dibahas yaitu materi yang belum dipahami, sharing keluh kesah selama sesi pengajaran berlangsung baik dalam pengajaran maupun diluar pengajaran, dan sharing mengenai penugasan yang diberikan oleh pengajar kepada mahasiswa SIB.

Kegiatan mentoring dengan mentor terkait pembahasan pada sesi pematerian yang telah dilaksanakan pagi hari. Sumber : Dokumen Pribadi
Kegiatan mentoring dengan mentor terkait pembahasan pada sesi pematerian yang telah dilaksanakan pagi hari. Sumber : Dokumen Pribadi

Kegiatan utama atau kegiatan akhir dari sesi ini adalah pengerjaan final project. Pada pengerjaan final project mahasiswa terbagi menjadi beberapa kelompok didalam grup, selanjutnya mahasiswa membuat produk inovasi, menjual produk yang sudah ada, atau menjadi reseller dari produk tersebut, dalam proses pengerjaanya menerapkan materi yang telah diajarkan oleh pengajar NF Computer yang sudah berlangsung, kemudian hasil dari final project akan di presentasikan kepada penguji yang ada di mitra NF Computer.

Produk yang dibuat dalam final project adalah produk inovasi yang bernama MooedMu. Mooedmu merupakan produk inovasi yang bergerak dibidang minuman, produk ini berupa minuman coklat yang dapat di minum oleh semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Produk ini dapat dimunim oleh semua orang karena produk minuman ini tidak memiliki kadar gula yang tinggi, selain itu produk ini dapat dibeli oleh siapa saja karena harga minuman coklat ini sangat terjangkau. Dalam proses pemasaran produk menggunakan channel konten marketing seperti WEB & SEO, Instagram, Facebook Fanpage, Email Marketing, dan Youtube.

Pada pembuatan content saya bertugas sebagai pembuat konten email marketing yang dimana tugas dari email marketing mengumpulkan email. Untuk mengumpulkan responden calon pelanggan harus membuat kuesioner terlebih dahulu untuk mengetahui daya Tarik calon pelanggan apakah tertarik dengan produk ini atau tidak, setelah mendapatkan hasil responden melalui google form langkah selanjutnya membuat akun di platform mailchimp, setelah membuat akun mailchimp langkah selanjutnya membuat konten yang menarik yang nantinya akan dipublikasikan kepada email yang telah terdaftar di google form.

Kegiatan final project produk minuman coklat mooedmu. Sumber : Dokumen Pribadi
Kegiatan final project produk minuman coklat mooedmu. Sumber : Dokumen Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun