Mohon tunggu...
Fauzan Fikri
Fauzan Fikri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemanfaatan Pekarangan Rumah di Desa Cipanengah Keluarahan Gunungtandala

19 Agustus 2022   11:15 Diperbarui: 19 Agustus 2022   11:19 90 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tasikmalaya (2022/07/25) Kelompok Mahasiswa Tematik KKN 172 UPI memimpin program GP2R (Gerakan Pemanfaatan Rumah) di RW 14 Desa Cipanengah, Kelurahan Gunungtandala, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya. 

Kegiatan Eco-programe ini dibuat oleh kelompok KKN 172 UPI untuk melaksanakan kegiatan edukasi, pendataan, sosialisasi dan pendampingan berdasarkan program yang telah dibuat oleh kelompok KKN 172 UPI. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Pemanfaatan Pekarangan Rumah ini.

Pekarangan adalah sebidang tanah yang mengelilingi sebuah rumah yang berada didepan, dibelakang atau disamping rumah. Pekarangan rumah ini dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh anggota keluarga yang bberada dirumah sebagai sumber pangan agar tidak jauh jauh untuk kepasar dan bisa juga untuk sebagai pendapatan karena bisa juga menanam tanaman yang bisa dijual agar meningkatkan pendapatan dan juga dapat menjadi keindahan di area sekitar rumah.

Permasalahan yang ada di desa cipanengah ini adalah luasnya pekarangan di setiap rumah RW 14 belum dimanfaatkan baik oleh warganya, padahal pekarangan rumah tersebut dapat berpotensi untuk dijadikan lahan yang produktif dan juga bisa meningkatkan pendapat keluarga tersebut. sehingga perlu adanya gerakan pemanfaatan pekarangan rumah ini. 

Dibuat oleh kesadaran seitap warga RW 14 Fakotr inilah yang melatarbelakangi kelompok KKN 172 UPI ini menyelenggarakan program GP2R ini didesa cipanengah, Kelurahan Gunungtandala, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya. Dan tema yang diangkat oleh Kelompok KKN 172 UPI ini adalah Desa Sehat dan Sejahtera tujuannya untuk menjamin kehidupan masyarakat desa yang sehat demi kesejahteraan masyarakatnya.

dokpri
dokpri

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan siswa KKN 172 UPI ini berfokus kepada ibu ibu yang mendapat pelajaran dengan menjelaskan kemereka bagaimana cara memanfaatkan pekarangan rumah dengan baik dan benar. Agar mereka juga dapat mengambil manfaat dari lingkungan sekitar. 

Rangkaian dari program GP2R ini adalah sosisalisasi dan praktik pada program ini kelompok KKN 172 UPI mengambil tanaman untuk ditanam untuk warga RW14 ini adalah bunga telang dan kunyit. Agar bisa dimanfaatkan sebaik baiknya dan untuk perawatannya sangat mudah. Materi yang disampaikan adalah manfaat pekarangan  dan jenis jenis tanaman yang bisa di tanam dipekarangan rumah.

dokpri
dokpri

Penjelasan tentang bunga telang dan cara merawatnya agar pemanfaatan bunga telang tersebut dilakukan secara optimal. Peserta Kegiatan ini adalah RW 14 Desa Cipanengah Meliputi RT 01, RT 02, RT 03 dan Masyarakatnya sangat aktif dan antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Setelah pematerian bersama mahasiswa kami melakukan praktek untuk menanam bunga telang sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat salah satu manfaatnya adalah untuk kesehatan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan