Mohon tunggu...
fausi arifin
fausi arifin Mohon Tunggu... ikhtiar dan takdir

YAKUSA

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

NDP Sebagai Sistem Berpikir Kader HMI

19 Februari 2020   03:24 Diperbarui: 19 Februari 2020   03:23 7 0 0 Mohon Tunggu...

NDP adalah nilai-nilai dasar kader HMI yang di ambil dari Alquran dan hadits sehingga dalam diri seorang kader mempunyai ideologi dan identitas yang kuat dalam melakukan nilai-nilai perjuangan HMI. Karena seorang kader HMI Harus mempunyai semangat menjalankan nilai didalam mengabdikan dirinya kepada masyarakat untuk beradaptasi dalam tatanan masyarakat social sosaity.

Peran HMI sebagai organisasi perjuangan, tertuang dalam materi NDP dapat di artikan sebagai ajaran pokok Islam yang tertuang dalam ilmu tahid yaitu keharusan universal. Didalam NDP ada beberapa pembahasan yang sangat menarik untuk mengabdikan kepada masyarakat yaitu nilai individu dan bermasyarakat. Kader HMI harus mempunyai keyakinan yang kuat dalam menjalankan ketaqwaannya. 

Sehingga dimanapun seorang kader HMI nilai yang terkandung pada dirinya mempunyai nilai kebangsaan dan keislaman. Lingkup bangsa dan keislaman harus di tegakkan di HMI karena seorang kader HMI harus mempunyai dasar-dasar keyakinan yang harus dikuatkan dalam melihat problematika kehidupan yang terjadi pada saat ini dimana suatu bangsa mampu ditinjau dari sudut NDP.

Pembahasan di NDP yaitu pertama nilai-nilai dasar kepercayaan dimana suatu kader HMI harus mempunyai kepercayaan yang harus kuat. Sehingga seorang kader HMI tidak plin-plan dalam kepercayaan. 

Kedua adalah nilai-nila dasar manusia dimana seorang manusia adalah makhluk yang sempurna yang digunakan Allah ke muka bumi ini. Ketiga yaitu ikhtiar dan takdir dimana manusia harus trus mengikhtiarkan dirinya untuk trus mendekatkan hatinya kepada Allah dan ikhlas apa yang akan diberikan Allah kepada dirinya.

Keempat yaitu Ketuhanan dan kemanusiaan dimana seorang manusia harus mempunyai keyakinan dalam dirinya sehingga dia sadar akan pencipta dan sadar pada dirinya atas karunia sudah diberikan kehidupan. 

Kelima individu dan masyarakat dimana seorang manusia harus sadar akan dirinya bahwa didalam bersosial kita butuh yang nama masyarakat atau dikatakan tetangga untuk membantu dan saling ber interaktif. Keenam keadilan sosial dan keadilan individu dimana seorang muslim punya keinginan dan berdoa agar keadilan selalu menimpanya sehingga kesehatan dalam bermasyarakat.

Kemanusiaan dan ilmu pengetahuan dimana manusia harus mempunyai pengetahuan agar mampu membedakan sehingga dia tau mana yang khaq dan batil dan mana bersih dan berdosa sehingga manusia mempunyai keinginannya. Dalam beberapa materi NDP yang sudah saya informasikan kedalam sebuah kajian maupun diskusi panel.

Pembahasan diskusi tentang NDP dalam kader HMI sangat menarik sekali, karena tdk ada batasan untuk menarik kader HMI. Kader HMI selalu diikat oleh konstitusi dimanae sebuah rancangan untuk mengandung sebuah nilai yang harus ditanamkan kepada masyarakat agar proses regenerasi tetap berjalan sehingga setiap tahun trus memberikan dampak dan pola pikir yang memberikan solutf kepada. Masyarakat sekitar kita.

Sebagai kerangka berfikir dalam menanamkan pada diri untuk mengamalkan metode alqura dan hadits sehingga ada harapan untuk kaderisasi yang mampu mentransformasikan kegelisahannya dalam motose pemikiran sehingga banyak kader HMI ketika membahas membahas suatu perkembangan .

Kerangka ideologi perkaderan yaitu antologi dalam dunia perkaderan menjadi dimensi tuhan, dimensi manusia dan dimensi masyarakat. Dimensi perkaderan, seorang kader HMI lebih focus pada suatu pola kaderisasi untuk menjadi tulang punggung suatu organisasi sehingga perkaderan terus berkelanjutan. Sebagai seorang senior harus mendorong terkait perkembangan di era pada saat ini, seharusnya diberikan perusahaan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x