Mohon tunggu...
Kholifatus Sahara
Kholifatus Sahara Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Mahasiswa UIN Maliki Malang '19 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perawatan dan Penyimpanan Alat Permainan Edukatif

15 November 2021   09:36 Diperbarui: 15 November 2021   09:44 306 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Masa usia  dini adalah masa golden age, masa dimana pertumbuhan dan perkembangan anak berlangsung pesat,  sehingga stimulus yang tepat dan optimal sangat dibutuhkan dalam masa ini. Stimulus tersebut  bisa didapatkan anak melalui lingkungan sekitar mereka, oleh karena itu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan bermain mereka diharapkan mampu memberikan stimulus dengan baik. 

Bermain merupakan kegiatan yang tak pernah terlepas dari masa usia dini, mengingat dunia anak adalah dunia bermain. Pendidikan anak usia dini sebagai pondasi awal terbentuknya sikap, kepribadian dan pengetahuan untuk bekal perkembangan dan pertumbuhan anak selanjutnya. Sarana dan prasarana dalam sebuah pembelajaran harus memadai sehingga terselenggaranya kegiatan pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Alat Permainan Edukatif merupakan permainan yang menopang fungsi edukatif, oleh karena itu APE menjadi media pembelajaran yang dinilai mampu mencapai tujuan pembelajaran dan perkembangan. 

APE dinilai mampu memberikan suasana yang menyenangkan saat pembelajaran sehingga anak tidak merasakan bosan dalam suasana kelas. 

Selain media pembelajaran yang harus diperhatikan, menciptakan suasana kelas juga hal yang sangat penting mengingat kelas menjadi ruang utama dalam proses pembelajaran. APE juga bisa digunakan ketika anak berada diluar lingkungan sekolah. Dalam Pengaplikasian APE anak harus diberikan arahan dan pengawasan  dalam memainkan permainannya,  usia anak yang berbeda menjadi tantangan tersendiri dan pemberian APE harus sesuai dengan kebutuhan usia anak. 

Alat Permainan Edukatif memiliki masa pemakaian yang berbeda - beda sesuai dengan bahan yang digunakan dalam pembuatan APE. Selain untuk menghemat pada pemakaian jangka panjang, perawatan dan pemeliharaan APE juga menjadi bagian menjaga keseimbangan lingkungan. 

Memelihara dan merawat merupakan sua kata yang memiliki makna berbeda meskipun konteks nya sama, kata merawat memiliki definisi yang lebih luas dibanding memelihara, makna perawatan berarti membenahi sesuatu yang telah rusak  atau fungsi perbaikan, sedangkan pemeliharaan memiliki makna menjaga, menjaga sesuatu dari terjadinya kerusakan dan bisa dipakai dalam jangka panjang.  oleh karena itu terdapat fungsi dan tujuan dalam pemeliharaan dan perawatan APE. 

Tujuan pemeliharaan yang pertama adalah untuk menjaga keawetan dan jangkauan pemakaian APE agar bisa digunakan lebih lama. tidak peduli menggunakan bahan yang awet sekalipun jika pemakaian APE tidak memandang fungsi Pemeliharaan maka APE juga akan cepat rusak. 

Lalu bagaimana cara menjaganya? ketika selesai bermain, bersihkan bagian APE yang kotor dan tata ulang dengan rapi kemudian masukkan kedalam ruangan tempat atau suhu yang tidak merusak bahan APE. Keawetan akan terjaga jika kita menggunakan prosedur yang baik mulai dari sebelum pemakaian sampai selesai pemakaian. 

Kemudian yang kedua yakni menjaga keamanaan dalam alat permainan edukatif, dimulai dengan pengawasan pemakaian APE ketika anak bermain orang tua atau pendidik harus memberikan arahan dan bimbingan terkait apa yang boleh dilakukannya dan hal yang tidak boleh dilakukannya. kemudian memberikan arahan setelah pemakaian terkait peletakan APE di tempat dsb. 

selanjutnya efektifitas dan efisiensi alat permainan edukatif harus diperhatikan dengan cara controling terhadap APE secara rutin agar mengetahui kerusakan - kerusakan yang mungkin terjadi dan segera mendapatkan perbaikan atau penanganan. selain fungsi - fungsi diatas, fungsi pemeliharaan juga dapat memeberikan pelatihan rasa kepedulian dan tanggung jawab kepada anak. 

fungsi tersebut menjadi fungsi yang pokok karena fungsi utama APE sendiri juga mengembangkan aspek - aspek perkembangan anak. Sehingga pemberian arahan dan bimbingan secara tidak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap anak. Namun sangat disayangkan banyak orang yang masih menyepelekan fungsi pemeliharaan, apalagi jika APE itu dibeli dengan harga yang mahal dan mengklaim bahwa APE yang mahal akan lebih awet dibangingkan dengan APE yang murah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan