Mohon tunggu...
Fatimah Syabani
Fatimah Syabani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Penggunaan Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

27 Juli 2021   08:25 Diperbarui: 27 Juli 2021   08:27 102 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penggunaan Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19
Youtube/KKN-34 Fatimah Syabani

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama satu tahun lebih, tentunya memberikan dampak yang sangat terasa di berbagai bidang. Terutama dalam bidang pendidikan

Di Indonesia pemerintah mengeluarkan kebijakan melalui Kementerian Pendidikan yaitu dengan meliburkan sekolah dan mengganti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem Dalam Jaringan (Daring). Atau bisa dikatakan yang semula pembelajaran dilaksanakan dengan tatap muka, kini pembelajaran dilaksanakan dengan tatap maya. 

Pembelajaran daring pun masih dipandang belum efektif, dikarenakan muncul permasalahan -- permasalahan yang dapat menghambat tujuan pembelajaran. Misalnya tingkat pemahaman siswa yang rendah, sebagai akibat tidak dapat memahami pembelajaran dengan jelas, dan guru kurang maksimal dalam memberikan penjelasan pembelajaran.

Media Pembelajaran merupakan salah satu upaya dalam membantu guru untuk menjelaskan pembelajaran kepada siswa dengan lebih baik. Dengan menggunakan media pembelajaran, guru dapat menarik perhatian dan minat siswa untuk belajar, sehingga siswa diharapkan dapat lebih memahami apa yang sedang mereka pelajari. 

Media pembelajaran dapat disajikan dalam berbagai macam, seperti: media audio, media visual, media audio visual, media cetak, dan media interaktif.

Seperti yang dilakukan oleh Fatimah Syabani mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Pendidikan Indonesia 2021 dalam channel youtube nya KKN-34 Fatimah Syabani.

Fatimah membuat media pembelajaran yang akan digunakan di kelas 2A SDN 011 Cibuntu. 

Hal tersebut dilakukan untuk membantu guru dalam kegiatan pembelajaran agar siswa lebih dapat memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga tujuan pembelajaran pun dapat tercapai. Selain itu, siswa dapat lebih memiliki minat untuk belajar, sehingga pembelajaran di masa pandemi covid-19 terasa menyenangkan.

Nama          : Fatimah Syabani

Kelompok : 34

DPL              : Didin Samsudin, SE., MM., CHCM

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN