Mohon tunggu...
Firda Fatimah
Firda Fatimah Mohon Tunggu... Mahasiswi Pendidikan

Bismillaah, sedang belajar menulis 😇 | IG : @fatim_firda

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Fisik Berbeda Bukan Alasan untuk "Insecure"

8 Desember 2020   15:15 Diperbarui: 13 Desember 2020   07:29 683 56 21 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fisik Berbeda Bukan Alasan untuk "Insecure"
Ilustrasi merasa Insecure. (sumber: Highwaystarz-Photography via kompas.com)

Banyak diantara kita yang masih selalu merasa "insecure" dengan keadaan diri, baik itu karena alasan kondisi fisik yang berbeda atapun perihal kemampuan diri sendiri yang selalu merasa tidak ada yang bisa diandalkan.

Perihal rasa insecure yang selalu hinggap, khususnya dengan kondisi fisik yang telah diberikan sempurna oleh Tuhan, agaknya masalah ini sangat sering sekali dipermasalahkan oleh anak muda yang cenderung melihat fisik atau penampilan sebagai hal yang penting dan terpenting. 

Bahkan, hanya karena muncul satu jerawat di bagian muka, sudah ributnya minta ampun dengan alasan tidak percaya diri dengan penampilan wajah yang tidak mulus atau istilah kerennya glowing.

Beberapa waktu lalu, saya menemukan satu konten bermanfaat di Youtube yang diunggah oleh Artis dan juga Youtuber Gritte Agatha dalam salah satu acaranya yang bertajuk "Gritte Buka Praktek". 

Dalam tayangan itu, Gritte mandatangkan narasumber cantik nan hebat asal Bandung bernama Maita. Beliau ini sudah lama mengidap penyakit tumor muka sejak umur dua tahun. 

Namun, kak Maita baru mengetahui diagnosa bahwa ia mengidap penyakit tumor muka di umur tujuh tahun yang sebelumnya juga pernah didiagnosa bahwa kemungkinan ia mengalami penyumbatan air liur.

Saat ini di umur beliau 29 tahun sudah menjalani operasi sebanyak 15 kali dengan biaya setiap operasinya sekitar 50 sampai 100 juta. Namun, penyakit tumor mukanya ini belum dapat disembuhkan secara total sehingga beliau masih terus harus melakukan operasi untuk proses penyembuhan selanjutnya.

Ilustrasi oleh facetofeet.com
Ilustrasi oleh facetofeet.com

Jika teman-teman lihat, karena penyakit tumor pada muka Kak Maita ini akhirnya membuat bentuk fisik muka Kak Maita berbeda dari orang-orang normal biasanya. Pada pipi sebelah kanan terdapat benjolan yang cukup kentara dan mungkin bagi orang yang melihatnya merasa kasihan atau malah tidak sedikit pula yang tiba-tiba mengejek.

Satu hal yang membuat saya terperanjat sekaligus malu dengan diri saya sendiri yang masih sering mengeluh dengan kondisi fisik yang nyatanya sudah sempurna, Kak Maita ini selalu mengucapkan syukur dan "Alhamdulillah" di sepanjang obrolan di video tersebut. 

Tidak ada raut muka sedih ataupun kecewa dengan kondisi yang sudah diberikan oleh Tuhan untuk dirinya. Bahkan dengan kondisi yang bisa dibilang orang bisa melihatnya dengan jelas bahwa dia itu berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN