Mohon tunggu...
Firda Fatimah
Firda Fatimah Mohon Tunggu... Mahasiswi Pendidikan

Bismillaah, sedang belajar menulis 😇 IG : @fatim_firda

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Emang Enak Nurutin Gengsi?

9 Agustus 2020   04:49 Diperbarui: 9 Agustus 2020   04:57 114 18 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Emang Enak Nurutin Gengsi?
Ilustrasi gengsi oleh idntimes.com

"Hidup itu sebenarnya gak berat, gengsinya yang bikin berat"

Mayoritas dari kita pasti sepakat dengan kata-kata diatas. Memang begitulah, sejatinya dalam menjalani kehidupan tak mesti selalu dengan kemewahan, toh menjalani dengan apa yang ada sebenarnya juga bisa. Bahkan sangat bisa, bukan begitu?

Namun kenyataannya tak sedikit pula dari kita yang selalu mengedepankan dan meninggikan gengsi. Menuruti gaya hidup mewah, sampai-sampai jikalau tak ada duit pun rela ngutang sana-sini. Padahal kalau dilihat-lihat, dari banyaknya keinginan yang dituruti untuk memenangkan gengsi, sebenarnya apa sih yang nantinya akan kita dapat? Sebuah kepuasan sesaat mungkin ya?!

Dibalik kepuasan sesaat yang diperoleh dari memenangkan gengsi, sebenarnya ada banyak keresahan hati pada orang yang mengidapnya, contohnya nih :

1. Hidup gak tenang


Bagaimana bisa tenang, orang yang suka gengsi hidupnya selalu dikejar target yang seharusnya tidak perlu-perlu amat direalisasikan. Sudah punya mobil layak, eh biar lebih bergaya dan dipuji tetangga pengennya yang merk mendunia. Lalu, rela dengan berbagai cara gimana bisa merealisasikan itu, bahkan bisa jadi sampai ngutang, nahloh..

2. Hidup susah bahagia

"Bahagia itu sederhana"

Barangkali kata-kata tersebut memang layak diapresiasi. Namun kenyataannya untuk orang-orang yang menuruti gengsi, bagi mereka bahagia tak sesederhana itu. Mereka beranggapan bahwa bahagia itu harus mewah, kaya, punya jabatan tinggi, dll. Padahal sebenarnya orang yang terus menuruti gengsi, setelah mereka mendapatkan apa yang telah diinginkan pun, belum tentu mereka akan merasakan bahagia.

3. Hidup jadi gak pernah ngerasa bersyukur

Orang yang bersyukur tandanya ia selalu merasa cukup dengan apa yang ia punya. Namun tidak demikian dengan orang yang selalu mengedepankan gengsi. Mereka selalu ingin ini itu sampai-sampai lupa caranya bersyukur. Tidak pernah merasa cukup dengan apa yang ada alias selalu merasa kurang. Katanya ingin mencari kebahagiaan, tapi tidak melatih bersyukur, lalu mau sampai kapan ketemu bahagia?

4. Penyebab penyakit hati


Orang yang selalu mengedepankan gengsi tak sadar bahwa apa yang ia lakukan dapat menyebabkan penyakit dalam hati. Penyakit hati seperti iri terhadap apa yang dimiliki orang lain bisa muncul karena gengsi ini. Penyakit hati lainnya pun dapat muncul, seperti selalu negatif thinking terhadap orang lain, curigaan, sombong, dll.

Nah dari beberapa keresahan yang dapat timbul dari suka mengedepankan gengsi diatas, yakin masih mau terus nurutin gengsi? Emang enak ya? Hehe :D

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x