Mohon tunggu...
Fatichatun NF
Fatichatun NF Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Make each moment an occasion to live deeply, happily, in peace.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pola Komunikasi dalam Membentuk Budaya Organisasi

19 Desember 2021   11:12 Diperbarui: 19 Desember 2021   11:17 834
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

POLA KOMUNIKASI DALAM MEMBENTUK BUDAYA ORGANISASI

OLEH : Fatichatun Ni’mah Farichah

(19102040069)

Abstrak : Suatu organisasi adalah sekumpulan individu yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Dalam membangun dan mempertahankan organisasi sebuah perusahaan, perlu dikembangkan nilai atau kultur sebagai citra perusahaan yang dapat menjadi kebanggaan serta pedoman berperilaku dan bertindak karyawan. Budaya dapat didefinisikan sebagai pendekatan, nilai dan kepercayaan. Budaya yang positif melekat pada nilai-nilai karyawan yang dapat mendorong dan menciptakan tumbuhnya komitmen karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. Budaya perusahaan merupakan seperangkat nilai, norma, persepsi dan perilaku yang diciptakan dan dikembangkan suatu organisasi/perusahaan untuk mengatasi masalah-masalah. Budaya yang kurang baik atau negatif tentunya juga akan berpengaruh pula terhadap motivasi kerja.  Karyawan akan malas bekerja karena tidak ada nilai-nilai positif yang dapat mendorong agar mereka bekerja lebih baik. Motivasi kerja merupakan dorongan yang timbul pada diri seseorang untuk melakukan atau berperilaku untuk mencapai suatu tujuan. Dalam suatu organisasi, motivasi merupakan masalah yang kompleks, hal ini disebabkan karena kebutuhan dan keinginan setiap anggota berlainan. Perbedaan tersebut disebabkan karena setiap anggota suatu organisasi adalah unik, baik secara biologis maupun psikologis.

Kata kunci : Komunikasi, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja

Abstract : An organization is a group of individuals organized to achieve certain goals. In building and maintaining the organization of a company, it is necessary to develop values or culture as a company image that can be a source of pride and guidelines for employee behavior and actions. Culture can be defined as approaches, values and beliefs. A positive culture is embedded in employee values that can encourage and create the growth of employee commitment to achieve organizational goals. Corporate culture is a set of values, norms, perceptions and behaviors created and developed by an organization/company to solve problems. Culture that is not good or negative of course will also affect work motivation. Employees will be lazy to work because there are no positive values that can encourage them to work better. Work motivation is an impulse that arises in a person to do or behave to achieve a goal. In an organization, motivation is a complex problem, this is because the needs and desires of each member are different. This difference is caused because each member of an organization is unique, both biologically and psychologically.

Keywords : Communication, Organizational Culture, Work Motivation

PENDAHULUAN

Suatu organisasi adalah sekumpulan individu yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan- tujuan tertentu. Dalam membangun dan mempertahankan organisasi sebuah perusahaan, perlu dikembangkan nilai atau kultur sebagai citra perusahaan yang dapat menjadi kebanggaan serta pedoman berperilaku dan bertindak karyawan. Sebuah organisasi tentunya memiliki tujuan dan struktur yang dipegang perannya oleh manusia dalam mengkoordinasikan aktifitas di organisasi tersebut. Sudah selayaknya organisasi menjadi satu tempat dimana seluruh SDM di dalamnya memiliki tujuan yang sama dengan melakukan kerja sama. Korelasi antara organisasi dan komunikasi terletak pada kumpulan orang-orang yang tergabung dalam mencapai tujuan yang sama (Romli, 2011).

Pola komunikasi tentunya dapat membuat kepemimpinan pada sebuah organisasi menjadi lebih efektif serta organisasi dapat mencapai tujuan didalamnya. Sebaliknya, komunikasi yang tidak dilalkukan baik, akan sering sekali menimbulkan konflik-konflik pada sebuah organisasi. Tentu pola komunikasi yang efektif ini membentuk sebuah budaya organisasi yang diinginkan. Budaya dan pola komunikasi yang efektif, tentu diharapkan mampu memecahkan segala konflik yang terjadi secara internal di sebuah organisasi, dan pemimpin diharapkan dapat melakukan komuikasi serta interaksi yang baik dan harmonis dalam memimpin timnya.

Tantangan terbesar dalam komunikasi organisasi adalah bagaimana penyapaian informasi yang diberikan, dapat dipahami secara menyeluruh pada setiap anggota organisasi di dalamnya, proses ini disebut dengan aliran informasi. Semakin baik aliran komunikasi yang terjadi, semakin efektif proses aliran komunikasi ini berjalan, budaya organisasi tentunya akan mengikuti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun