Mohon tunggu...
Fathurrachman Zuhdi
Fathurrachman Zuhdi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi || Media Enthusiast

Senang berdiskusi dan berbicara tentang media dan dunia kreatif.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Hal-hal Penting yang Sering Dilupakan Pelajar di Saat Pandemi

27 Juni 2021   17:38 Diperbarui: 27 Juni 2021   17:45 135 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hal-hal Penting yang Sering Dilupakan Pelajar di Saat Pandemi
radabali.jawapos.com

Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan yang layak di negeri ini. Namun, sayangnya masih ada sebagian pelajar yang sudah mendapatkan pendidikan yang layak tetapi masih tidak memanfaatkannya dengan baik. Jangankan dengan maksimal, dimanfaatkan dengan baik saja belum bisa.

Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam pembentukan dan pembangunan masa depan seseorang. Di Indonesia, saat ini tepatnya tahun 2021, pendidikan menjadi tanggung jawab dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Walaupun begitu, setiap warga Indonesia juga memiliki tanggung jawab masing-masing dalam dunia pendidikan di negaranya. Terutama di masa-masa pandemi seperti ini. Banyak hal yang sering dilupakan oleh para pelajar di negeri ini, khususnya pada masa pandemi seperti sekarang ini.

  • Lupa akan Tanggung Jawab sebagai Seorang Pelajar

Banyak dari kita para pelajar yang dibutakan oleh pandemi bahwa sebenarnya kita ini masih pelajar Indonesia dan punya tanggung jawab atas itu.

Pandemi virus Covid-19 ini, sejak bulan Maret 2020 telah menghebohkan Indonesia dengan kedatangannya. Semenjak itu, pemberitaan di berbagai media sosial diisi dengan berita tentang pandemi, baik di dalam maupun luar negeri. Fokus negara terhadap pembangunan pendidikan pun menjadi terpecah dikarenakan virus yang terus berkembang di berbagai pelosok negara dan banyaknya angka kematian yang diakibatkan oleh pandemi ini.

Sebagai pelajar Indonesia, dengan situasi sekarang ini di masa pandemi, kita sering dilupakan akan tanggung jawab sebagai seorang pelajar. Seperti yang kita sama-sama ketahui bahwa masa pandemi virus Covid-19 mengharuskan para pelajar, mulai dari siswa/i sekolah dasar hingga mahasiswa/i perguruan tinggi untuk melakukan pembelajaran di rumah masing-masing secara dalam jaringan (daring) atau online. Kegiatan belajar mengajar (KBM) di masing-masing sekolah maupun perguruan tinggi dilakukan melalui e-learning dan aplikasi panggilan konferensi.

Dari kebijakan yang dibuat oleh pemerintah terkait sekolah/kuliah daring, pastinya banyak yang sudah lupa akan tanggung jawab sebagai seorang pelajar. Kita sama-sama mengetahui bahwa tiap guru ataupun dosen punya gayanya masing-masing dalam memberi pengajaran di masa pandemi. 

Ada yang dengan menjelaskan secara langsung melalui kata-kata, lalu ada yang hanya dengan memberikan tugas saja, hingga yang mencampurkannya yaitu menjelaskan lalu memberikan tugas, baik itu sebagai praktik dari materi yang disampaikan atau sebagai pengulangan materi yang sudah dijelaskan.

Untuk kita semua para pelajar, tidak perlu munafik, pasti kebanyakan dari kita yang memiliki guru atau dosen yang hanya memberikan tugas sebagai bentuk pengajaran lalu meminta kita untuk melakukan absensi, ketika sehabis absen, kita malah lanjut tidur dan tidak melaksanakan langsung tugas yang diberikan tadi.

Jangka waktu pengumpulan tugas yang lama, membuat kita semua terlena dengan kekosongan waktu dan lebih memilih untuk bersenang-senang seperti bermain games di ponsel, ataupun rebahan sambil menonton podcast di Youtube.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN