Mohon tunggu...
Fathurrahman Helmi
Fathurrahman Helmi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis Sepakbola

Jika Menulis Bisa Membuatmu Abadi, Kenapa Masih Berdiam Diri. Ambil Penamu dan Goreskan di Kertas Putih Itu. | Kontak: Fathur99mbo@gmail.com fathurhelmi (Instagram) @fathoerhelmi (twitter)

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengapa Mengkritik Pilihan Klub Favorit Seorang Penggemar Sepakbola Adalah Hal yang Sia-sia dan Buang-buang Waktu

12 Juni 2022   10:38 Diperbarui: 12 Juni 2022   11:11 135 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sebuah Tulisan Pengingat Untuk Diri Sendiri dan Mungkin Untuk Para Penggemar Sepakbola.

Bayangkan ada fans Manchester City memakai Jersey klub kesukaannya tersebut di area publik. Pandangan sinis sudah pasti hadir di wajah orang-orang. Coba juga kalian berada di situasi ketika fans Paris-Saint Germain ada di sebuah nobar kala klubnya main di Champions League. Pasti orang akan berpikir dia nge-fans sama PSG karena Lionel Messi. Atau mungkin kalian melihat ada orang yang membawa motor dan memakai Jersey Manchester united yang mana klubnya miskin prestasi 5 tahun terakhir. Pasti ada aja yang bilang, ngapain suka sama klub yang masuk liga Champions aja susah.

Hal-hal seperti ini seringkali muncul terutama dalam situasi dan lingkungan para penggemar sepakbola di daerah tertentu.

Bagi saya yang berada di Aceh, hal seperti ini sudah biasa. Tapi, kenapa masih ada yang mengejek orang karena pilihan klub yang dia sukai.

Boleh kita bilang, Man City dan PSG itu kalau tidak ada saudagar timur tengah gak akan bakalan sampai sekarang bisa mendominasi liga masing-masing. Tapi itu kan sebuah keniscayaan. Klub bisa berbenah salah satunya dengan kekuatan finansialnya. 

Boleh kita bilang, Man United itu klub bapuk, karena puasa gelar 5 tahun. Tapi disisi lain klub ini adalah klub yang profitable dan punya basis penggemar sangat besar seantero dunia.

Tapi, salahkah kalau ada orang yang ngefans sama klub-klub tersebut?

Buat saya yang juga penggemar sepakbola. Terutama menjadikan Real Madrid sebagai klub favorit. Saya menyadari bahwa menyukai sebuah klub sepakbola itu bukan sekedar suka saja. Pasti ada para pengemar sepakbola yang sampai dalam perjalanannya menonton bola bikin dia mikir. Kok bisa ya mereka ngefans sama Man City, PSG ataupun Man United?

Saya sendiri kenapa bisa ngefans sama Real Madrid? Dan ini bisa jadi studi kasus yang sama dengan teman-teman yang ngefans sama klub bola yang katanya baru hebat atau muncul di era abad 21 ini.

---

Saya sebenarnya awalnya menyukai Inter Milan. Yup faktor awal adalah karena tayangan Lega Calcio atau sekarang lebih sering disebut dengan Serie A itu adalah tayangan liga pertama yang saya tonton ketika awal-awal tahu sepakbola. Kenapa Inter Milan? Karena saya melihat skuadnya keren. Apalagi dulu namanya Internazionale Milano. Keren juga nih ya nama klub asal kota Milano ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan