Fathurrahman Helmi
Fathurrahman Helmi Mahasiswa

Menulislah seperti Kau Bernafas! | Kontak: Fathur99mbo@gmail.com atau @fathoerhelmi (twitter)

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Kemenangan Ridwan Remin: Antara Kompor Gas Mamat Alkatiri dan Set yang Rapih!

4 September 2017   16:02 Diperbarui: 6 September 2017   11:10 7361 0 0
Kemenangan Ridwan Remin: Antara Kompor Gas Mamat Alkatiri dan Set yang Rapih!
Sumber: https://twitter.com/standupkompastv

(Catatan Grand Final SUCI 7 Kompas TV)

Ini udah mau mulai SUCA alias standup kompetisi saingannya SUCI Kompas TV dan saya sudah janji ingin nulis analisis grand final. Akhirnya saya tuntaskan tulisannya hari ini. Mari kita mulai.

Pada malam grand final suci 7 mempertemukan antara orang timur yaitu fak fak seperti seorang mamat alkatiri dan orang barat yaitu bogor jawa barat seperti Ridwan Remin. Grand final kali ini seakan-akan berimbang padahal tidak juga menurut saya.

Mari kita lihat dimanakah yang tidak berimbang dan bagaimana hitung-hitungan membuat remin bisa juara dan mamat juara dua.

Putaran pertama temanya miracle

Ridwan Remin; Colek Setan

Bagaimana remin mengcallback masalah uang harian kerja nya dia. Keajaiban yang dibahas adalah keajaiban yang dialami oleh remin bukan seperti mamat yang membuat keajaiban standar fak fak. Remin bisa membawa brand KFC keatas panggung dengan menjilat secara cukup halus. Terutama bagaimana dia membuat orang ketawa dengan gaya komedi dimana dia dipalak oleh preman tapi Cuma punya uang 2000 rupiah. Bagaimana melakukan what if di kerjaannnya dia sehingga membuat penonton ngakak terutama callback di what if kerjaan yang dilakukan sebagai bayaran standup comedy nya dia.

Dicolek setan itu adalah bit yang paling keren karena bagaimana dia atau remin bisa membuat penonton mengkhayalkan anak kecil dicolek setan malah mules dan sampai cepirit. Itu membuat penonton tertawa dengan riangnya. Rules of three nya remin yang ujungnya almbum rap mas pandji itu pas banget. Remin yang tidak percaya mistis bahasannya tentang perawan kampong.

Limbad yang dibahas itu bisa dibikin rules of three juga yang mempermainkan bagaimana casper featuring dengan limbad.

Ada juga pembahasan mistis dari remin yang tentang bagaimana memandikan perawan di kampong. Apalagi tentang kenapa gak bisa dimandikan karena dukunnya adalah laki-laki. Malah takutnya hilang perawan Sayangnya remin menutup perform pertamanya dengan closing yang callback sehingga gak terlalu makan sama penonton.

Mamat Alkatiri; Mitos Celana Dalam

Yang membuat opening dari mamat kelewat trying to be funny adalah bagaimana dia memakai gimmick kacamata tentang betapa hitamnya penonton. Mamat alkatiri membuat miracle pembahasanya tentang dukun yang berada di fak fak terutama bagaimana cara melawan dukun dengan cara membalikkan celana dalam yang merupakan common sense dalam kodian. Tapi ketika pembahasannya fak fak memang menjadikan ciri khas darinya mamat. Masalah dia meroasting pak de indro dan cak lontong itu terlalu berlebihan terutama cak lontong yang pakai celana dalam tapi lobang ditengahnya. Menurut saya itu tidak perlu sama sekali. Terlalu berlebihan menanyakan kepada penonton apakah celana dalam ada yang sama.

Terlalu banyak mitos yang dimainkan oleh mamat yang membuat miracle nya hilang karena kesannya tema yang dimainkan adalah mitos bukan miracle. Tapi callback celana dalam dikaitkan antara mitos celana dalam dengan ingin membunuh mamaknya itu cukup baik. Sayangnya mamat menjilat kompas tv di bagian setelah callback itu.

Kemudian mamat kembali main dengan gaya komedi impersonate. Gaya yang dimainkan itu bagaimana seorang mamat bermain dengan multimedia dan menjadi peserta uji nyali. Itu cukup bagus sehingga bisa mendapatkan kompor gas. Dan akhirnya bisa dibuktikan bagaimana closing yang cukup baik dan dikomen cukup baik oleh Pandji.

Putaran kedua temanya juara

Mamat Alkatiri; pengalaman paling emosional

Sumber: https://www.kompas.tv/index.php/content/tag/ytsuci
Sumber: https://www.kompas.tv/index.php/content/tag/ytsuci

Bagaimana cara mamat untuk dapatkan simpati penonton? Adalah dengan mengajak bapaknya remin untuk ibu nya mamat.Dan anehnya itu opening yang saya kurang suka. Pembahasan tanda-tanda alam tentang juara juga terlalu dikait-kaitkan dengan indra jegel tapi tidak mau dengan rigen padahal kan ya jegel dan rigen juara juga dengan tidak menjilat televise pemegang hak siar standup comedy Indonesia ini.

Ketika mamat bilang dia cinta standup comedy karena arie kriting dan bilang mau ikut standup comedy karena abdur arsyad. Itu sangat kurang menurut saya. Seakan-akan memanfaatkan situasi yang sudah terbentuk sebelumnya. Karena akhirnya ketika bahas rigen malah dibilang hina oleh mamat. Padahal kalaupun memang itu hanya trick untuk membuat tertawa penonton setidaknya ujarannya jangan seperti itu.

Harapan juara satu dan sukses untuk mematahkan mitos dari rigen memang bagus tapi mamat jadi terbebani harus juara dan sukses pula dan bebannya lumayan berat.

Ketika mamat membahas tentang inspirasi Indonesia nya kompas tv tapi ternyata ujung-ujungnya membahas dany beler memang sah-sah saja tapi malah menurunkan grade dari jokesnya dari pembahasan 2 grand finalis ke juara 3 suci 7.

Mamat kembali mencoba menjilat kompas tv dengan cara menyerang remin yang belum nampil di putara kedua ini. Dia mengatakan bahwa remin itu hanya jago mengejek saja. Membandingkan antara remin dan mamat memang adalah yang paling disukai di part ini tapi malah bikin mamat seperti menjilat ludahnya sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2