Mohon tunggu...
Fathonah Sri Utami
Fathonah Sri Utami Mohon Tunggu... Wiraswasta - Guru TK

Saya adalah calon guru penggerak angkatan 7 yang berasal dari TK Negeri Pembina Trenggalek

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Keempat

1 Juli 2023   10:35 Diperbarui: 1 Juli 2023   10:37 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.3 KE 4

NAMA : FATHONAH SRI UTAMI, S.PD.AUD

CGP ANGKATAN 7 KAB. TRENGGALEK          

 

FACT ( Peristiwa )

Tidak terasa pendidikan calon guru penggerak hampir selesai. Kami menjalaninya selama kurun waktu lebih kurang 9 bulan lamanya. Pendidikan pertama kali dimulai dari Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 7 Wilayah Jawa Timur yaitu pada tanggal 23 Oktober 2022, yang bertempat di SMA Negeri 1 Trenggalek. Setelah itu berbagai kegiatan kami lalui tahap demi tahap dengan berbagai materi yang  ada dalam 10 modul yaitu modul 1.1, modul 1.2, modul 1.3, modul 1.4, modul 2.1, modul 2.2, modul 2.3, modul 3.1, modul 3.2 dan modul 3.3. Alhamdulillah kami dapat melalui dengan sukses dan lancar, semua berkat  bimbingan dari instruktur, fasilitator, dan pengajar praktik. Selain itu dukungan dari kepala sekolah, rekan sejawat, murid, wali murid, serta teman-teman CGP yang luar biasa hebatnya dalam berkolaborasi.

FEELING ( Perasaan )

Saya sangat senang dan bahagia dalam menjalani pendidikan calon guru penggerak ini karena banyak sekali ilmu dan wawasan yang saya peroleh dengan mengikuti program ini. Dengan alur MERDEKA yaitu Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi konstektual, Elaborasi, Koneksi antar materi dan Aksi nyata telah memberikan pemahaman-pemahaman menjadi seorang agen transformasi sebagai seorang pemimpin pendidikan. Selama menjalani pendidikan banyak sekali kekurangan yang ada pada diri saya, tetapi berkat kerjasama yang baik dengan berbagai komunitas kekurangan saya dapat tertutup dan teratasi dengan baik. Saya tak segan-segan bertanya pada kepala sekolah, teman ataupun saudara apa yang belum saya mengerti.

FINDING ( Pembelajaran )

Selama mengikuti pendidikan calon guru penggerak ini, ilmu-ilmu yang saya peroleh saya terapkan di sekolah saya. Ajaran Bapak pendidikan nasional kita Ki Hajar Dewantara sangat melekat dalam hati. Menuntun dan mengarahkan peserta didik kita untuk mencapai kebahagiaan yang setinggi-tingginya akan saya laksanakan dengan sepenuh hati. Saya sangat memimpikan peserta didik saya menjadi generasi penerus bangasa ynag berkarakter baik sesuai profil pelajar pancasila. Berbadgai kegiatan dalam pembelajaran saya terapkan sesuai kebutuhan dan minat anak ( kegiatan berpusat pada murid ), sehingga anak dalam mengerjakan kegiaatan tanpa ada rasa terbebani.

FUTURE ( Penerapan )

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun