Assalamualaikum wr wb, perkenalkan nama saya FATHIYATUL LUTFIYAH salah satu mahasiswi perbankan syariah di perguruan tinggi negri jember. sebelumya saya minta maaf apabila ada kesalahan karena manusia tidak luput dari salah, saya disini hanya ingin berbagi sedikit pengalaman atau ilmu.
Bank adalah salah satu badan usaha dimana akan menghimpun dana dari masyarakat dan akan menyalurkannya lagi kepada masyarakat tentu saja dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, keberadaan perbankan pada saat ini mempunyai peran yang sangat besar bagi masyarakat baik di perkotaan maupun dipedesaan karena dengan adanya perbankan, masyarakat bisa melakukan dengan mudah kegiatan bertransaksi, menyimpan uang dan meminjam uang. Salah satu cara perbankan dalam mendukung pelayanan pada nasabah yang sangat berpengaruh besar adalah pelayanan customor service karna apa seorang nasabah pertama kali akan menemuinya dan memutuskan untuk berhubungan dengan perbankan dalam melayani kegiatanya seperti membuka rekening ataw membuka buku tabungan nasabah ataw melakukan kegiatan lain, Â nasabah cukup menghubungi bagian customor service karna semua akan dijelaskan tentang semua kebutuhan yang mereka butukan.
Ada beberapa fungsi dan tugas seorang costemer service :
Sebagai resepsionis artinya sebagai customer service yang berfungsi sebagai penerima tamu tau yang dimaksutkan adalah nasabah
Sebagai deksman artinya sebagai orang yang melayani berbagai macam aplikasi yang ditawarkan kepada nasabah dan calon nasabah
Sebagai relation officer dimana seorang costemer sevice dapat membina hubungan baik dengan seluruh nasabah.
Sebagai salesman artinya seorang customor service harus bisa menjual produk produk perusahaan
Sebagai komunikator  yaitu orang yang menghubungkan nasabah dan memberikan informasi yang berhubungan dengan perusahaan
seorang customor service harus sabar saat melayani nasabah karena semua sudah ada pada etika perbankan tetapi saya kurang puas dengan kinerja salah satu pelayanan Bank di suatu kota saharusnya costomor service lebih faham bagai mana etika yang baik dalam melayani nasabah tetapi yang saya liat tidak sesuai dengan etika dalam pelayanan, yang seharusnya customor service sudah bisa melayani nasabah dengan jadwal yang sudah ada tetapi para customor service itu belum dalam keadaan siap kita sebagai nasabah dibiarkan nunggu dengan antrian lama, dan tidak berhenti disana saja customor service ketika melayani nasabah dengan nada yang sedikit kasar,disini lah saya sebagai nasabah merasa kurang puas karna yang saya tau seharusnya seorang customor service sudah dalam keadaan siap ketika kegiatan yang ada dibank mau dimulai dan berbicara lembut agar nasaba mau berkerja sama dengan perusahaan.
Berikut ini adalah dasar-dasar yang harus dipahami dan dimengerti seorang customor service :
Berpakaian dan berpenampilan rapi dan bersih
Percaya diri bersikap akrab dan tidak lupa dengan penuh senyuan
Menyapa dengan lembut dan berusaha menyebutkan namanya jika sudah kenal
Sopan, hormat dan berusaha menyebutkn nama jika sudah kenal
Berbicara dengan bahasa baik dan benar
Melayani nasabah dan tunjukan kemampuanya
Tidak boleh menyela atau memotong pembicaraanya
Mampu meyakinkan nasabah
Jika tidak sanggup menanggani permasalahan yang ada mintak bantuan
Bila belum dapat melayani beritahukan kapan akan melayaniÂ
Saya herharap perbankan harus lebih memperhatikan lagi karna costomor service sangat berpengaruh penting untuk mengukur kinerja perbankan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI