Mohon tunggu...
Fatmi Sunarya
Fatmi Sunarya Mohon Tunggu... Bukan Pujangga

Menulis Menghidupkan Jiwa Yang Mati---- Ingin tetap membumi 🤗

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Apalah Arti Sebuah Nama?

13 Maret 2021   12:41 Diperbarui: 13 Maret 2021   13:01 355 72 19 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apalah Arti Sebuah Nama?
Ilustrasi piqsels.com

Di dusun saya, dari dulu orang terkaget-kaget kalau mendengar nama saya disebutkan. Apa? Fatmi Sunarya? Ya biasalah, di dusun saya lebih familiar dengan nama perempuan seperti Siti, Wati, dan di zaman itu mulai berbau-bau nama artis nasional.

Kala mulai memasuki masa sekolah (SD), saya bertanya pada ibu. Kenapa saya dinamai Fatmi Sunarya, kenapa tidak Marilyn Monroe atau Elvi Sukaesih. Widih. Ibu berkata, bahwa nama saya diambil dari nama penyiar wanita RRI (Radio Republik Indonesia) bernama persis "Fatmi Sunarya".

RRI zaman dulu adalah pusat informasi, hiburan. Ingat, ada sandiwara radio yang seru, nonton bola juga dari radio lho. Eh nonton apa dengar suaranya saja ya. Dan akhirnya saya menerima penjelasan bahwa nama tersebut dari nama seorang penyiar radio dan pasti berasal dari Sunda.

Teman-teman dari luar daerah sering menebak, kamu Sunda ya? Dan mulai berbahasa Sunda. Saya dengan cepat mengoreksi, maaf saya asli Kerinci, Sumatra. Saya tidak bisa bahasa Sunda. Yang saya tahu cuma "kumaha atuh", "naon" dan "abdi bogoh ka anjeun". Nah lho.

Karena nama saya agak unik di daerah saya, teman-teman sekolah semua hapal nama saya. Sampai sekarang. Kalau ketemu di jalan, mereka histeris, eh Fatmi Sunarya ya. Lagian sosok saya mudah di tebak, dari SD sampai sekarang saya tetap imut, amit-amit dan rumit.

Semua akun media sosial, saya memakai nama asli. Identitas tidak ada yang saya sembunyikan. Tidak ada dusta diantara kita. Huff. Tapi waktu SMP, ada cowok bernama Fahmi. Dan saya sebal selalu di jodoh-jodohkan. Cie...cie. Nah disitu saya pengen tukar nama rasanya. Tapi itu dulu.

Karena nama yang panjang itu, saya menyerahkan pada khalayak, mau manggil apa terserah. Fatmi, Fat, Mie, Sun, Rya, tidak masalah. Sampai ada cameo tante Sun he he he. Santuy saja.

Btw, ucapan adalah doa, nama juga begitu (mungkin). Saya sempat jadi penyiar radio walau beberapa saat saja. Mungkin tuah dari beliau yang penyiar RRI. Sayang, saya tidak setenar beliau.

William Shakespeare berkata,  "What's in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet." Artinya Apalah arti sebuah nama? Andaikata kamu memberikan nama lain untuk bunga mawar, ia tetap akan berbau wangi. Nah, apapun nama anda, buatlah seharum mungkin. Biar mewangi sepanjang masa. Setuju ya.

FS, 12 Maret 2021

VIDEO PILIHAN