Mohon tunggu...
Fatmi Sunarya
Fatmi Sunarya Mohon Tunggu... Bukan Pujangga

Menulis Menghidupkan Jiwa Yang Mati---- Ingin tetap membumi 🤗

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Cerita Rakyat Asal Mula Batu Panjang

20 Maret 2021   06:24 Diperbarui: 20 Maret 2021   14:42 391 77 23 Mohon Tunggu...


Tanggal 20 Maret adalah Hari Dongeng Sedunia. Mungkin anak-anak zaman sekarang sudah jarang membaca/mendengar dongeng lagi. Karena sudah begitu banyak tontonan ataupun game yang mereka konsumsi dari layar gadget mereka.

Semasa saya kecil dulu, nenek atau ibu sering mendongeng. Dongeng dalam bahasa Kerinci adalah "kunun" yang berasal dari kata konon. Jadi, bakunun atau mendongeng sangat rutin dilakukan pada masa kecil saya. 

Anak-anak pada masa itu berkumpul di kamar nenek, nenek mulai bakunun tentang cerita-cerita yang tentu saja didalamnya terdapat pesan moral. Seperti video pada tulisan ini. 

Saya sangat mengapresiasi sekolah yang memberi kesempatan anak-anak mendongeng seperti video yang saya bagikan ini. Semoga anak-anak sekarang tidak lupa dengan cerita-cerita legenda asli Indonesia, seperti Malin Kundang, Sangkuriang, Jaka Tarub, Roro Jonggrang, Timun Mas dan masih banyak lagi.

Dongeng pada video ini berjudul  Asal Mula Batu Panjang, memang batu panjang ini terdapat di desa Sungai Jernih Pondok Tinggi, Kota Sungai Penuh. Maka, keberadaan batu panjang ini menjadi cerita yang turun temurun. Setiap fenomena alam pada zaman dulu bisa menjadi cerita. 

Dalam peringatan hari dongeng ini, kira berharap anak-anak tidak lupa dan mau membaca/mendengar cerita dongeng yang melegenda. Kita pun sebagai orang dewasa, mau atau bersedia mendongeng untuk anak-anak kita. Karena dalam dongeng selalu terselip pesan moral menjadi pengingat untuk anak-anak yang masih tumbuh dan berkembang.

Selamat Hari Dongeng Sedunia.

FS, 20 Maret 2021

VIDEO PILIHAN