Mohon tunggu...
Farsya Aanisa Rahayu
Farsya Aanisa Rahayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang

Seseorang yang tidak pernah membuat kesalahan, maka dia tidak akan pernah menemukan sesuatu yang baru.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Strategi Pemilihan Metode Pembelajaran Pendidikan Jasmani

19 Mei 2022   19:19 Diperbarui: 20 Mei 2022   15:57 77 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berikut ini adalah gambaran tentang berbagai proses pemilihan dalam metode pendidikan dan pembelajaran pendidikan jasmani dalam Pendidikan Kesehatan.

1. Metode Komando

Pendekatan proses pembelajaran dalam metode komando sepenuhnya didominasi guru. Gurulah yang membuat tentang bentuk, tempo, urutan, intensitas, penilaian, dan tujuan proses belajar mengajar untuk setiap tahap proses belajar mengajar. 

Siswa sangat mematuhi perintah guru. Secara teoritis bahkan dapat dinyatakan bahwa siswa tidak mempunyai kebebasan untuk membuat keputusan sehubungan dengan proses belajarnya. 

Prosedur Metode Komando:

  • Guru pada umumnya mempersiapkan rangkaian kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang berkaitan dengan bentuk, kecepatan, urutan, frekuensi, intensitas, penilaian, dan tujuan pembelajaran.
  • Guru menentukan bentuk abaaba atau perintah dari segi verbal atau bentuk simbolik lainnya. Simbol termasuk bendera, tepuk tangan, peluit, dan banyak lagi.

Keunggulan:

Tidak memerlukan banyak pengetahuan tentang subjek, dan kontrol kecepatan informasi sepenuhnya dikendalikan oleh guru, menunjukkan bahwa itu adalah metode yang paling efektif dan efisien. Kebugaran fisik dan perkembangan motorik dimediasi selama periode enam minggu. 

Kelemahan:

Sering kehilangan kemandirian, sangat bergantung pada guru, dan mengurangi kreativitasnya. Dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar, metode ini memiliki kelemahan sebagai berikut: Penggunaan alat bantu pembelajaran menjadi tidak efisien.

 

2. Metode Latihan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan