Mohon tunggu...
Farrel Phanhar
Farrel Phanhar Mohon Tunggu... Murid SMP Labschool JKT

Halo saya Farrel, saya seorang murid SMP Labschool JKT. Blog ini dibuat dengan alasan membuat blog untuk tugas BTIK

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tahun Baru Islam

17 September 2019   11:21 Diperbarui: 17 September 2019   11:28 0 1 0 Mohon Tunggu...

Hari Sabtu tanggal 31 Agustus 2019 seluruh umat islam merayakan Tahun Baru Islam/tanggal 1 Muharam. Di sekolah kami, SMP Labschool Jakarta, dilaksanakan beberapa aktivitas yang diatur oleh OSIS, ROHIS, MPK, Dewan Guru, dan POMG SMP Labschool Jakarta untuk merayakan Tahun Baru Islam. Tetapi, di Labschool kita merayakan Tahun baru Islam pada hari Jumat tanggal 13 September 2019.

Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad saw. dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriyah. Namun Tahun Hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah itu diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriyah.

Kalender Hijriyah secara resmi belum dimulai ketika zaman Rasulullah S.A.W. Kalender ini hanya dimulai pada zaman Khalifah Arrasyidin kedua yaitu Umar al-Faruq R.A. Ada beberapa saran dari para sahabat untuk penetapan tanggal bagi Madinah ketika itu, ada yang mengusulkan tahun Islam dimulai ketika kelahiran Nabi Muhammad SAW, ada yang mengusulkan awal tanggal Islam ditetapkan pada hari Rasulullah diangkat sebagai nabi dan rasul tetapi pandangan yang menyarankan awal tanggal Islam pada tanggal hijrah Nabi SAW.

Penetapan ini adalah untuk mengenangkan betapa pentingnya tanggal hijrah yang menjadi perubahan paradigma dalam sejarah agama Islam yang mana pertama kali dalam sejarah Islam seorang nabi dan rasul membentuk pemerintah dengan segala kesulitan dan berhasil membuat hubungan diplomatik dengan beberapa negara serta menyampaikan dakwah Islam secara global sehingga Islam tersebar ke merata dunia.

Di Labschool kami memperingati hal ini dengan berbagai aktifitas, kami mengundang seorang Ustadz, selain itu ROHIS SMP Labschool Jakarta juga melakukan kegiatan tadarus. 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x