Mohon tunggu...
Farrel Aribah Qatrunada
Farrel Aribah Qatrunada Mohon Tunggu... Selamat membaca

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030084)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Mindfullness, Cara agar Selalu Tenang dan Fokus

29 Maret 2021   21:51 Diperbarui: 1 April 2021   19:30 158 6 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mindfullness, Cara agar Selalu Tenang dan Fokus
https://id.pinterest.com/pin/331366485087969792/

Terkadang saat kita melakukan sebuah pekerjaan atau sedang melakukan sebuah kegiatan, sering kali kita dibuat tidak fokus karena sebuah hal. 

Contohnya saja saat kita sedang di dalam kelas seharusnya kita memfokuskan pikiran kita terhadap materi yang sedang diberikan guru.

Namun kerap kali kita memikirkan kapan jam istirahatnya, kapan tiba waktunya untuk pulang, bahkan mungkin sedang memikirkan gebetan yang tak kunjung ada kabar. 

Tidak hanya itu mungkin beberapa dari kita saat sedang bekerja di kantor, bukannya fokus untuk mengerjakan berbagai pekerjaan yang ada justru memikirkan bagaimana cara bayar cicilan hutang, kapan jam pulang tiba, dan sebagainya. 

Hal tersebut sangat normal terjadi pada diri kita sebagai manusia, namun jika terus menerus dilakukan nantinya akan berdampak buruk bagi diri kita. 

Pada saat pikiran kita tidak bisa terfokus pada suatu hal yang sedang kita kerjakan, berarti kita sudah mengalami yang namanya kurang mindful. Jika sudah begitu dampak buruk akan mengintai kita, contohnya saja seperti teguran guru, pekerjaan yang mungkin akan selesai namun kurang memuaskan, dsb. 

Lantas bagaimana caranya agar kita bisa memusatkan fokus kita hanya kepada suatu hal yang sedang kita kerjakan, tanpa adanya berbagai gangguan pikiran yang seharusnya tidak kita pikirkan. 

Melakukan metode mindfulness adalah sebuah cara dalam mengatasi gangguan fokus yang kerap kali kita alami, namun sayangnya tidak semua dari kita mengenal metode ini. 

Mengenal lebih dalam mindful atau yang kerap kali disebut mindfulness, mulai dari pengertian dikutip dari sehatq.com mindfulness adalah cara untuk memusatkan perhatian terhadap apa yang terjadi dengan sadar tanpa adanya penilaian. 

Bisa kita sebut juga bahwa mindfulness adalah sebuah cara atau metode agar kita selalu fokus terhadap apa yang saat itu juga kita kerjakan yang nantinya akan berdampak baik bagi kehidupan kita ke depannya. Tak hanya membuat kita menjadi lebih fokus, mindfulness dapat meredakan stres hingga gangguan kecemasan atau gelisah. 

Berikut adalah cara atau metode dalam menerapkan mindfulness dalam kehidupan kita sehari-hari, di antaranya adalah :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN