Mohon tunggu...
farmaku
farmaku Mohon Tunggu... Health Enthusiast

Farmaku.com adalah website apotik online terlengkap & terbesar di Indonesia. Farmaku.com sebagai apotek online menyediakan obat-obatan ethical maupun OTC, jual obat online, produk kecantikan, alat kesehatan dan juga obat resep dokter. Kami berkomitmen untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggan untuk mendapatkan produk yang berkualitas, asli, original, harga bersaing, serta kenyamanan dengan pengiriman langsung ke rumah Anda.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Gejala dan Penyebab Hipertensi (Darah Tinggi)

16 Oktober 2019   10:36 Diperbarui: 16 Oktober 2019   10:52 608 1 0 Mohon Tunggu...

Hipertensi adalah sebuah kondisi dimana adanya tekanan pada dinding pembuluh arteri yang cukup kuat. Apabila tidak diatasi, tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti stroke dan penyakit jantung.

Tekanan darah tinggi ditentukan oleh dua faktor, jumlah darah yang dipompa oleh jantung dan sempitnya pembuluh arteri. Semakin banyak jumlah darah yang dipompa jantung dan semakin sempitnya pembuluh arteri, akan semakin tinggi tekanan darah.

Lalu apa bagaimana dengan gejala hipertensi? Anda sebenarnya mungkin dapat mengalami hipertensi selama ini tanpa memperlihatkan tanda atau ciri apapun, namun kerusakan terhadap pembuluh darah dan jantung terus berlangsung dan dapat diidentifikasi.

Hipertensi umumnya berlangsung selama bertahun - tahun dan dapat menyerang siapa saja. Penyakit hipertensi dapat didiagnosa dengan mudah oleh dokter dan Anda dapat langsung melakukan tindakan - tindakan pengontrolan yang disarankan oleh dokter.

Gejala Hipertensi Umum

Biasanya seseorang yang memiliki hipertensi tidak sadar bahwa ia sedang mengalaminya, hal ini karena penyakit hipertensi hampir tidak menunjukkan gejala atau ciri yang dapat dilihat. Bahkan ketika hasil pengukuran tekanan darah menunjukkan hasil yang sangat tinggi, pasien hipertensi masih dapat terlihat sehat dan bugar.

Penderita hipertensi mungkin saja mengalami gejala seperti hidung berdarah (mimisan), kepala sering pusing, atau susah nafas. Namun gejala hipertensi ini umumnya tidak nampak pada pasien sampai hipertensi adalah pada tingkat yang sangat berbahaya dan mengancam jiwa. Tanda - tanda hipertensi berbeda dari satu pasien ke pasien lainnya.

Kapan sebaiknya Anda mengunjungi dokter mengenai penyakit hipertensi?

Sejak usia 18 tahun, sebaiknya Anda melakukan pengecekan tekanan darah 1 - 2 tahun sekali. Saat Anda memasuki usia 40 tahun lebih dan Anda memiliki risiko atau riwayat darah tinggi, Anda disarankan untuk melakukan cek tekanan darah setidaknya 1 kali setiap tahun.

Apabila Anda telah didiagnosa memiliki tekanan darah tinggi dan memiliki risiko terserang penyakit kardiovaskuler, dokter akan menyarankan Anda melakukan tes pengukuran tekanan darah lebih sering.

Penyebab Hipertensi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x