Mohon tunggu...
Muhammad Faris Rasyid
Muhammad Faris Rasyid Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Airlangga

Saya mahasiswa dari universitas airlangga,dan hobi saya membaca dan membuat cerita

Selanjutnya

Tutup

Politik

Tonggak Perdamaian Konflik Ukraina di Bawah Pemimpin Rusia

30 Juni 2022   21:40 Diperbarui: 30 Juni 2022   21:50 66 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pada tanggal 28 juni 2022 presiden Republik Indonesia Ir.Hj Jokowi dodo mengagendakan kunjungan kerjanya ke luar negeri untuk untuk menghadiri rangkaian pertemuan konferensi tingkat tinggi G7 di Munich Jerman. Hal ini dikarenakan Indonesia menjadi Presidensi G20 yang akan yang akan diselenggarakan pada bulan November mendatang. Indonesia diundang sebagai negara mitra dan tamu. Hal tersebut mendapat Sorotan dari berbagai media internasional dan membawa nama Indonesia semakin bangga. Pasca menghadiri KTT G 7, Jokowi melanjutkan agenda kerja untuk mengunjungi Ukraina melalui jalur Polandia. dalam perjalanan nya ke Polandia rombongan terbatas presiden menggunakan pesawat dan setelah dari itu melanjutkan perjalanan ke Ukraina dengan menggunakan kereta api kurang lebih 12 jam. Agenda kerja presiden ke karena dan Rusia tentunya membawa sebuah tujuan yakni misi perdamaian, presiden kemudian akan bertemu dengan presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.  pada tanggal dua sembilan hari Rabu waktu setempat presiden melakukan pertemuan dengan presiden Ukraina dan menyampaikan bahwa agenda kunjungan kau karena merupakan semua mengaplikasikan Kepedulian masyarakat Indonesia terhadap peperangan yang ada di Ukraina. Presiden menyatakan bahwa pentingnya posisi Indonesia terhadap kedaulatan dan integritas wilayah teritorial. Walaupun sangat sulit dicapai namun presiden tetap optimis menyampaikan pentingnya sebuah kedamayan dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh luntur. Hal ini disampaikan atas sikap kepeduliannya terhadap dampak perang mengi manusia dengan kemampuan yang ada rakyat serta pemerintah Indonesia mengoptimalkan pemberian kontribusi bantuan termasuk obat obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di kota kyiv.

Dalam pernyataan dan statement presiden menyampaikan undangan secara khusus kepada presiden Ukraina untuk ikut berpartisipasi dalam KTT G 20 yang akan diselenggarakan bulan November mendatang. presiden pun menyatakan komitmen Indonesia untuk terus bekerja sama bilateral dengan Ukraina. agenda yang dilakukan presiden Jokowi mendapatkan sebuah apresiasi dari presiden Zelenskyy, Pasalnya kunjungan pemimpin negara Asia pertama Ukraina setelah invasi terjadi .
kemudian presiden Jokowi mengagendakan kunjungan ke Moscow Rusia. langit yang cerah presiden dan ibu negara tiba di Rusia pada Kamis 30 Juni 2022. setelah itu presiden akan melakukan pertemuan bilateral dengan presiden Rusia yakni Vladimir Putin.
agen yang dibawakan oleh presiden Jokowi untuk bertemu dengan kedua kepala negara yakni Ukraina dan Rusia tentunya membawa sebuah misi perdamaian. apabila kedua negara akan melakukan gencatan senjata tentunya Indonesia akan dikenang oleh masyarakat dunia karena dengan kiprah yang mendamaikan kedua negara Paca perang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan